5 Rekomendasi Tools Sosial Media Terbaik Untuk Bisnis
Kamu pasti setuju jika media sosial adalah salah satu pilar utama pemasaran modern, terutama bagi business owner dan corporate yang ingin meningkatkan revenue. Agar strategi ini efektif, menggunakan tools sosial media yang tepat merupakan hal yang krusial. Tools ini nggak hanya mempermudah pengelolaan konten, tapi juga memberikan wawasan yang membantu pengambilan keputusan strategis.
Sebagaimana alat sosial media dirancang untuk membantu bisnis mengelola akun media sosial, menjadwalkan konten, berinteraksi dengan audiens, serta menganalisis performa. Tools ini memungkinkan bisnis untuk lebih efisien dan fokus pada strategi pemasaran yang menghasilkan hasil maksimal.
Table of Contents
ToggleApa Manfaat Tools Sosial Media untuk Bisnis?
Adanya tools sosial media ini tentu membawa perubahan besar terhadap operasional bisnis yang lebih efisien. Alat-alat yang terkait tentu akan memudahkan tim corporate atau bisnis menjalankan social media marketing yang dibutuhkan. Menurut laman Bithour Production, social media tools memberikan berbagai manfaat penting, antara lain:
1. Efisiensi Penjadwalan Konten
Dengan menggunakan tools tertentu, kamu akan lebih mudahmenjadwalkan postingan ke berbagai platform secara otomatis. Dengan fitur yang dimiliki, tim pemasaran dapat tetap aktif bahkan di luar jam kerja, menjaga konsistensi posting yang esensial untuk engagement tinggi.
2. Otomatisasi Interaksi
Bahkan ada social media tools yang sudah dilengkapi dengan fitur chatbot dan pengelolaan pesan otomatis. Hal ini membantu bisnis merespons pelanggan dengan cepat tanpa memerlukan sumber daya manusia yang besar. Interaksi yang cepat dan efisien dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas.
3. Analitik yang Mendalam
Analitik adalah kunci memahami audiens. Oleh karenanya, ada beberapa tools yang menyediakan laporan detail tentang performa konten, tren interaksi, serta demografi audiens. Dengan data ini, bisnis dapat mengidentifikasi strategi yang paling efektif dan mengoptimalkan kampanye.
Baca Juga: “Kenapa Brand Tidak Viral di Sosial Media? Ini 6 Alasannya!”
4. Manajemen Proyek Terintegrasi
Selain itu, ada juga alat kalender pemasaran yang memudahkan tim dalam merencanakan dan mengelola kampanye dari satu tempat. Ini sangat bermanfaat bagi bisnis yang mengelola banyak kampanye sekaligus.
Rekomendasi Tools Sosial Media yang Perlu Digunakan
Lantas apa saja social media tools yang perlu digunakan untuk memaksimalkan operasional bisnis? Merangkum dari laman Bithour Production, kami akan membagikan 5 rekomendasi terbaiknya yang telah membantu banyak business owner dan corporate dalam memaksimalkan pemasaran di media sosial. Berikut uraian lengkapnya:
1. Hootsuite
Sevcara singkat, Hootsuite dikenal sebagai platform serbaguna untuk mengelola beberapa akun sosial media secara efisien. Kamu bisa melakukannya dalam satu dashboard. Alat ini menawarkan fitur seperti penjadwalan konten, analisis performa, dan integrasi dengan lebih dari 20 platform media sosial.
Adapun beberapa manfaat Hootsuite bagi media sosial bisnis dan corporate, di antaranya:
- Memantau interaksi pelanggan secara real-time.
- Meningkatkan efisiensi dengan laporan analitik otomatis.
- Cocok untuk tim besar berkat fitur kolaborasi antaranggota.
Hootsuite sendiri mematok harga mulai dari $99/bulan untuk paket profesional dan sudah termasuk beberapa fitur terkait seperti Unlimited Post Scheduling, Best Time to Post Recommendations, Foolproof Image Size Templates, Hashtag Generator, One Inbox for All Social Accounts, Custom Analytics and Reports, Competitive Benchmarking Tool, dan lain sebagainya.
2. Buffer
Alat ini merupakan solusi sederhana untuk menjadwalkan posting di berbagai platform seperti Instagram, LinkedIn, dan Twitter. Dengan interface yang user-friendly, Buffer ideal untuk bisnis yang ingin menjaga alur kerja tetap lancar tanpa kurva pembelajaran yang sulit.
Adapun beberapa kelebihan untuk bisnis yang dimiliki oleh alat ini, di antaranya:
- Otomasi penjadwalan posting.
- Analitik mendalam untuk melihat performa setiap konten.
- Harga yang terjangkau untuk bisnis skala kecil hingga menengah.
Menariknya, penggunaan Buffer bisa dimulai secara gratis untuk individu dan bisnis baru. Tapi untuk hasil yang maksimal, disarankan mengambil paket mulai dari $6 per bulan dimana kamu sudah mendapatkan Planning & Publishing Tools, Landing Page Builder, AI Assistant, Engagement Tools, Analytic Reports, dan masih banyak lagi.
Baca Juga: “Intip Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Ala Build Momentum!”
3. Later
Jika brand kamu fokus pada platform visual seperti Instagram dan Pinterest, Later akan menjadi pilihan yang tepat. Alat ini memiliki fitur drag-and-drop yang mempermudah perencanaan konten visual, ditambah analytics untuk mengoptimalkan performa posting. Lantas apa saja keunggulan Later untuk corporate?
- Menjadwalkan konten visual dengan mudah.
- Membuat halaman “link in bio” yang menarik.
- Media library untuk pengelolaan aset digital.
Nggak perlu khawatir, Later bisa digunakan secara gratis untuk fitur dasar. Tapi sama seperti tools lainnya, jika ingin fitur yang lebih lengkap, ada paket berbayar mulai $16.67/bulan. Kamu sudah mendapatkan Social Media Post Feature, Limited Analytics (up to 3 months of data), AI Features, Customizable Link in Bio Page, dan Brand Collab Tools for Creators.
4. Sprout Social
Sementara itu, ada Sprout Social yang ideal untuk customer engagement. Nggak hanya membantu penjadwalan, tapi juga memperkuat hubungan pelanggan dengan fitur social listening dan analitik mendalam. Cocok untuk brand yang ingin fokus pada customer engagement. Sprout Social memiliki fitur utama meliputi:
- Social listening untuk memahami tren audiens.
- Laporan performa yang detail.
- Kolaborasi tim yang mudah diakses.
Adapun harga paket langganannya sendiri mulai dari $249/bulan, kamu bisa mengakses semua fasilitasnya.
5. Canva for Teams
Nggak semua tools sosial media berbasis analitik. Canva for Teams memungkinkanmu untuk membuat konten visual menarik dengan template profesional yang dapat disesuaikan untuk brand kamu.
Memangnya apa keunggulan Canva for Teams untuk bisnis besar?
- Desain visual mudah tanpa perlu pengalaman grafis.
- Kolaborasi tim dalam proyek desain.
- Integrasi langsung dengan platform media sosial.
Sebenarnya ada fitur Canva yang bisa diakses secara gratis, tapi belum mencakup fitur-fitur penting untuk operasional bisnis yang lebih maksimal. Untuk itu, disarankan mengambil paket subscribe berbayar mulai dari $12.99/bulan.
Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan tools sosial media di atas? Yuk mulai pertimbangkan karena ini bukan hanya akan memudahkan tim pemasaran, tapi sekaligus memaksimalkan performa branding dan marketing bisnismu. Bahkan kamu juga bisa meningkatkan efisiensi operasional sekaligus mendorong engagement yang lebih baik dengan audiens secara online. Jadi, mulai sekarang, pilih alat yang sesuai dengan kebutuhan dan strategi kamu untuk mendapatkan hasil maksimal.
Tapi jika kamu kwalahan menjalankan branding dan marketing yang nggak kunjung maksimal, kamu bisa menghubungi Momentum Branding Agency yang siap memandu keberhasilan performa bisnismu. Bahkan kamu bisa konsultasikan kendala dan strategi yang tepat kepada Brand Consultant yang telah berpengalaman melalui sesi 1 on 1 Brand Audit. Sehingga nggak perlu meraba-raba lagi apa yang terbaik untuk bisnismu.