4 Tingkatan Brand Awareness
Apa saja tingkatan brand awareness? Yuk kita bahas penjelasannya bareng-bareng!
Brand awareness tingkatan sejauh mana konsumen mengenali dan menyadari keberadaan brand kamu.
Nah, di dalam brand awareness itu sendiri ada 4 tahapan bagi suatu brand yang harus kamu ketahui.
Jadi, apa saja 4 tingkatan brand awareness? Ada dimana kira-kira brand kamu di dalam tingkatan tersebut?
Simak jawabannya hanya di Build Momentum!
Table of Contents
ToggleTingkatan Brand Awareness
Seperti sebuah piramida, brand awareness juga mempunyai tingkatan dari level terendah hingga level tertinggi.
Nah, mengetahui tingkatan dalam brand awareness ini penting banget supaya kamu tahu posisi brand kamu ada dimana.
Selain itu, dengan mengetahuinya, kamu juga bisa merancang strategi branding yang efisien untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu.
1. Unaware of Brand (Tidak Menyadari Merek)
Tingkatan yang paling rendah dari brand awareness adalah unaware of brand yang artinya konsumen tidak mengenali merek kamu sama sekali.
Nah, tingkatan ini biasanya terjadi kalau kamu baru memulai bisnis, nih.
Indikator utamanya adalah biasanya konsumen masih sangat ragu untuk membeli produk atau menggunakan layanan kamu.
Nah, kamu bisa menerapkan beberapa strategi pemasaran yang tepat untuk bisa naik tingkat ke tingkatan berikutnya, ini tips yang Build Momentum bisa kasih ke kamu!
- Buat logo dan slogan yang menarik
- Membuat konten di media sosial
- Secara konsisten posting di media sosial
- Berinteraksi dengan target pasar
- Konsisten dengan strategi branding
- Membuat website untuk bisnismu
Selain itu, kamu juga bisa membuka booth, meningkatkan online presence di media sosial dan platform online lainnya, atau melakukan brand activation.
Baca Juga: “Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness“
2. Brand Recognition (Pengenalan Merek)
Yang selanjutnya adalah brand recognition, pada tingkatan ini target konsumen kamu sudah mampu mengenali merek kamu, meskipun harus diberikan stimulus tertentu.
Dan biasanya sih, konsumen sudah mampu untuk membedakan antara merek kamu atau merek sejenis yang ada di pasar.
Nah, pada tahap ini konsumen biasanya sudah aware akan logo, warna, atau tagline dari brand kamu.
Untuk kamu yang memiliki brand dan berada pada tingkatan ini, kamu bisa meningkatkannya dengan cara-cara berikut:
- Berikan pengalaman positif ke konsumen
- Kenali lebih jauh target pasarmu
- Membangun brand voice yang konsisten
- Berpartisipasi dalam event
- Lakukan survei kepada konsumen
- Iklan dan promosi
3. Brand Recall (Pengingat Kembali Merek)
Pada tingkatan brand awareness yang ketiga ini, konsumen mampu untuk mengenali brand kamu tanpa adanya stimulus apapun.
Pada tingkatan ini konsumen akan secara mudah mengingat nama merek berdasarkan kategori produk.
Sebagai contoh, kalau kita mendengar air minum dalam kemasan, kita langsung akan mengingat merek Aqua.
Nah, pada tahapan ini, brand kamu sebenarnya sudah terlihat jauh lebih menonjol dan juga unik dibandingkan dengan kompetitor.
Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tingkatan selanjutnya, ini tips dari MinMom untuk kamu!
- Pahami kebutuhan, preferensi dan juga nilai yang penting bagi konsumen
- Riset kompetitor
- Inovasi produk
- Tagline dan slogan yang kuat
- Gunakan program customer loyalty
- Siapkan kanal untuk promosi secara online
- Gunakan KOL atau influencer marketing
- Membuat event khusus
4. Top-of-Mind Brand (Puncak Pikiran)
Nah, yang ini adalah tingkatan teratas dalam tingkatan brand awareness.
Sesuai dengan namanya, top-of-mind brand adalah ketika suatu merek disebutkan pertama kali oleh konsumen saat diberikan suatu pertanyaan mengenai suatu produk tertentu.
Contohnya, jika seorang konsumen ditanya “produk pasta gigi apa yang kamu ketahui?”, dan konsumen tersebut menjawab “Pepsodent”, maka Pepsodent berada di tingkatan top-of-mind.
Nah, untuk kamu yang mau mencapai, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, nih. Cek dibawah ini ya!
- Perkuat identitas merek
- Gunakan kampanye pemasaran yang unik
- Terapkan harga yang kompetitif
- Promosi dan diskon
- Berikan pengalaman berbelanja yang positif dan berkesan bagi konsumen
- Menyusun strategi iklan yang menarik dan efektif
Baca Juga: “Intip Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Ala Build Momentum!“
Nah, itu dia tingkatan dalam brand awareness beserta cara meningkatkan brand kamu dari setiap tingkatannya!
Mau brand kamu menjadi top-of-mind brand? Cek ke Build Momentum aja sekarang!
Dengan rangkaian jasa branding dari Build Momentum, seperti jasa brand identity dan jasa digital marketing, di jamin deh, brand kamu gak cuma akan dikenal tapi pasti akan meningkat secara revenue!
Jadi, kalau kamu lagi cari branding agency dan juga branding consultant di Jakarta yang dapat membantu membuat brand kamu jadi top-of-mind, cek di Build Momentum aja!
Cek DISINI untuk hubungi kita, ya!