9 Strategi dan Cara Membangun Brand Equity
Bagaimana strategi dan cara membangun brand equity? Mari simak penjelasan yang udah MinMom rangkum khusus untuk kamu!
Brand equity adalah nilai yang dipunyai oleh suatu bisnis atau perusahaan yang membuat bisnis tersebut lebih stand out dibanding dengan kompetitornya.
Dengan membangun brand equity kamu bisa meningkatkan loyalitas dan juga trust dari konsumen-konsumen kamu nih.
Jadi, bagaimana strategi dan cara membangun brand equity? Simak penjelasannya dibawah ini!
Table of Contents
ToggleStrategi dan Cara Membangun Brand Equity
1. Membangun Identitas Merek
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membangun brand equity adalah dengan membangun brand identity dari brand kamu.
Konsumen akan cenderung memilih brand yang lebih mereka kenal. Nah, dengan brand identity ini akan membantu mengenalkan brand kamu ke konsumen kamu.
Tentukan logo, desain serta nilai-nilai yang mau kamu sampaikan ke konsumen terhadap brand kamu.
Dengan membuat brand identity yang kuat serta jelas dan konsisten, kamu bisa lebih stand out dibanding kompetitor kamu dan hal ini akan meningkatkan brand equity kamu, nih!
Nah, mungkin banyak dari kamu yang masih bingung untuk cari branding consultant untuk membangun brand identity bisnis kamu.
Tenang, langsung ke Build Momentum! Kita ada jasa brand identity yang akan membuat bisnis kamu lebih dikenal oleh konsumen kamu!
2. Meningkatkan Brand Awareness
Kesadaran merek atau brand awareness juga menjadi salah satu hal yang krusial dalam membangun brand equity dari bisnis kamu.
Kamu bisa mulai dengan menentukan target pasar mana yang akan kamu tuju, dan mulai untuk membuat berbagai strategi pemasaran seperti iklan, promosi, dan juga aktivasi media sosial.
Nah, dengan cakupan brand yang luas, brand awareness kamu juga akan meningkat yang akan memperkuat ekuitas merek kamu.
3. Membangun Hubungan Dengan Konsumen
Ekuitas merek memang kuat kaitannya dengan hubungan suatu brand dengan konsumen-konsumennya.
Makanya gak heran kalau membangun hubungan yang baik dengan konsumen adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan ekuitas merek kamu.
Media sosial tetap menjadi cara yang paling efektif dan mudah untuk membangun hubungan dengan konsumen menurut MinMom.
Jadi, melakukan aktivasi brand di media sosial bisa dibilang hal yang penting bagi brand kamu untuk meningkatkan ekuitasnya.
Kamu bisa memuat konten yang menarik dan relevan, membuka Q&A, atau membuat behind the scenes dari produk kamu di media sosial.
Nah, selain itu, kamu juga bisa menggunakan platform lain seperti website yang bisa kamu gunakan untuk menyebarkan feedback form, newsletter, atau bahkan virtual customer service representative.
Baca Juga: “Apa Itu Brand Equity: Penjelasan dan Elemen Dalam Brand Equity“
4. Mengembangkan Produk Atau Layanan yang Berkualitas
Strategi dan cara membangun brand equity yang selanjutnya adalah dengan mengembangkan produk atau layanan yang berkualitas.
Dengan mempunyai produk atau layanan yang berkualitas, udah pasti deh loyalitas dari konsumen akan meningkat.
Apalagi kalau produk atau layanan bisnis kamu menyediakan solusi yang dapat memenuhi atau bahkan melebihi harapan konsumen kamu.
Nah, dengan meningkatnya loyalitas dan juga kepuasan konsumen karena produk kamu yang berkualitas, ini secara langsung akan meningkatkan brand equity dari bisnis kamu, nih!
5. Fokus Pada Customer Experience
Poin ini masih berkaitan dengan poin yang udah MinMom jelasin diatas, nih.
Customer experience yang baik pasti secara langsung akan meningkatkan brand equity dari bisnis kamu.
Tapi, customer experience ini gak melulu saat si konsumen membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis kamu aja, nih.
Kamu juga harus memperhatikan kualitas after sales service dari bisnis kamu dan fokus mencari dan mengatasi masalah yang mungkin dihadapi konsumen.
6. Menggunakan Influencer Marketing
Kamu bisa menggunakan influencer di sosial media untuk meningkatkan ekuitas dari merek kamu.
Dengan pengaruh yang besar di sosial media, influencer dapat membantu kamu gak hanya memperluas jangkauan brand kamu, nih.
Influencer juga bisa membantu kamu membangun kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap brand kamu.
Nah, satu hal yang harus kamu perhatikan adalah memilih influencer yang tepat dengan target dari pasar yang kamu tuju.
Baca Juga: “Brand Management Adalah: Penjelasan Lengkap Tentang Brand Management!“
7. Membuat Program Loyalty
Program customer loyalty adalah cara dan strategi dalam membangun brand equity yang bisa kamu lakukan selanjutnya.
Dengan memberikan benefit khusus terhadap konsumen seperti, poin, cashback, diskon eksklusif dan lain sebagainya, kamu bisa mempertahankan konsumen kamu, nih.
Program-program tersebut akan terus mendorong loyalitas konsumen terhadap bisnis kamu, dan juga akan memperkuat persepsi positif mereka juga, lho.
Selain untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada, program customer loyalty juga bisa menjadi daya tarik untuk menarik konsumen-konsumen baru.
8. Monitoring dan Mengukur Kinerja Brand Equity
Satu hal yang harus kamu perhatikan dalam membangun brand equity adalah dengan terus mengukur kinerja brand equity dari bisnis kamu.
Dengan terus melakukan monitoring, kamu bisa tahu sejauh mana upaya yang berhasil kamu lakukan untuk membangun brand equity.
Kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara, seperti melakukan survei dan penelitian untuk mendapatkan feedback dari pelanggan.
Sampai melakukan analisis terhadap pesaing bisnis kamu.
Nah, dengan melakukan monitoring ini, kamu bisa mengidentifikasi hal-hal yang harus kamu tingkatkan dalam upaya membangun brand equity.
9. Konsistensi
Ya, lagi-lagi poin inilah yang selalu menjadi poin terakhir dalam membangun branding apapun itu, konsistensi.
Dengan memastikan brand image, brand identity dan semua hal yang terkait strategi dan cara membangun brand equity yang konsisten, dijamin semua goals kamu akan terwujud.
Eits, tapi konsistensi ini juga harus tetap didasari oleh data dan juga hasil dari monitoring juga, ya!
Karena sedikit merubah strategi itu tetap menjadi hal yang penting juga untuk memastikan semua proses dalam membangun brand equity di jalan yang sesuai dengan target kamu.
Baca Juga: “Apa Itu Brand Activation? Apa Manfaat dan Jenis-jenisnya?“
Nah, itu dia 9 strategi dan cara membangun brand equity yang udah MinMom rangkum khusus buat kamu!
Dengan meningkatnya brand equity dijamin deh bisnis kamu akan meningkat secara revenue!
Tapi, mungkin kamu masih bingung nih untuk membangun brand equity.
Tenang aja, ada Build Momentum siap untuk membantu kamu membangun brand kamu, nih!
Build Momentum adalah Branding Agency di Jakarta yang gak hanya bisa membuat brand kamu dikenal secara luas, tapi juga menjadikan brand kamu lebih profitable!