Si Lokal Lawan Dominasi Internasional
Untuk kamu pecinta kopi, pasti sudah tidak asing lagi dengan brand Kopi Kenangan. Kopi Kenangan kini menjadi top of mind banyak pecinta kopi. Hanya kurang 5 tahun, kini Kopi Kenangan telah berhasil menyabet gelar unicorn. Di akhir tahun 2022 lalu, Kopi Kenangan juga telah hadir di Malaysia. Kopi Kenangan berhasil melawan dominasi brand-brand kopi internasional seperti Starbucks.
Penasaran kan dengan strategi branding yang digunakan Kopi Kenangan? Yuk kita lihat!
Nama brand sederhana dan penuh makna
“Kopi Kenangan” dipilih sebagai nama merek karena mengandung muatan lokal dan mampu membangkitkan ingatan seseorang pada mantan yang tak terlupakan, berbeda dibandingkan kedai kopi lokal yang nama mereknya berbau asing.
Strategi ini ternyata ampuh membuat banyak orang penasaran dan ingin mencoba.
Nama menu yang tidak biasa
Menu best seller Kenangan Mantan berawal dari ide candaan tentang kenangan manis yang tidak ada tapi selalu muncul di pikiran, ternyata hal yang berawal dari candaan justru mampu menarik antusiasme masyarakat.
Zero marketing budget dengan social media
Kopi Kenangan menghabiskan hampir nol rupiah untuk marketing budget karena pemasaran di platform digital dengan customer memviralkan Kopi Kenangan yang diunggah di media sosial. Strategi word of mouth marketing di media sosial sangat ampuh meningkatkan citra Kopi Kenangan.
Kini, Kopi Kenangan baru saja membuka cabang baru berlokasi di Suria KLCC, Malaysia, di-branding sebagai Kenangan Coffee, sebagai nama merek internasional yang digunakan di luar Indonesia.
Kita patut berbangga hati karena ada kopi lokal yang sudah berhasil menembus pasar internasional. Semoga Kopi Kenangan bisa terus mengepakan sayap lebih lebar ke negara-negara lain!