Perbedaan Digital Branding dan Digital Marketing: Wajib Tahu!
Perbedaan digital branding dan digital marketing? Ada apa aja sih? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di Build Momentum!
Buat kamu business owners pasti pernah mendengar dua istilah tersebut kan? Dua hal tersebut memang jadi hal yang penting banget buat perkembangan suatu bisnis.
Nah, tapi mungkin di antara kamu masih banyak yang bingung nih mengenai perbedaan digital branding dan digital marketing.
Gak pakai lama lagi, langsung aja cek penjelasan yang udah MinMom siapin khusus buat kamu!
Table of Contents
ToggleApa itu Digital Branding?
Digital branding, sesuai namanya, adalah strategi untuk membangun dan memperkuat citra dari brand atau merek kamu dalam skala digital.
Nah, tujuannya adalah untuk menciptakan kesadaran merek di audiens sekaligus menjadi pembeda antara merek kamu dan juga kompetitor di pasar digital.
Digital branding sendiri memfokuskan dalam membangun hubungan emosional dengan audiens, salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan value yang unik dari brand kamu.
Hal-hal yang fundamental dalam digital branding seperti logo, warna, dan juga brand voice harus diperhatikan dan implementasikan dalam setiap kanal digital.
Nah, dengan adanya digital branding ini diharapkan akan memberikan kesan yang positif kepada calon pelanggan kamu, nih.
Selain itu, digital branding juga berperan untuk memperkenalkan bisnis kamu ke audiens secara lebih baik.
Baca Juga: “Intip Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Ala Build Momentum!“
Apa itu Digital Marketing?
Berbeda dengan digital marketing, yang berfokus untuk memasarkan produk ataupun layanan dari bisnis kamu melalui berbagai platform digital.
Seperti website, media sosial, email, dan juga iklan pada kanal-kanal digital.
Nah, berbeda juga dengan digital branding, fokus utama dari digital marketing adalah untuk meningkatkan penjualan, nih.
Caranya adalah dengan menjangkau dan menarik sebanyak mungkin pelanggan potensial.
Simpelnya, digital marketing lebih bersifat transaksional karena mengarahkan pelanggan langsung untuk melakukan pembelian.
Nah, kalau tujuan utama dari digital branding adalah pengenalan bisnis dan juga membangun hubungan ke calon konsumen.
Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk meningkatkan angka penjualan, dengan strategi-strategi seperti pembuatan konten dan teknik pemasaran yang dapat memicu minat pelanggan.
Baca Juga: “Apa itu A/B Testing Dalam Konteks Pemasaran Digital?“
Perbedaan Digital Branding dan Digital Marketing
Udah tau definisi keduanya, mari kita lihat perbedaan dari keduanya, yuk!
1. Fokus
Yang pertama adalah fokus utama dari keduanya, mari kita cek dibawah!
- Digital Branding: Fokus utama dari digital branding adalah untuk memperkenalkan merek dan membangun elemen-elemen seperti logo, slogan dan suara merek yang konsisten. Selain itu, digital branding juga lebih berfokus dalam pembangunan citra dan persepsi konsumen terhadap bisnis kamu, nih! Digital branding juga lebih bersifat permanen jika logo, slogan dan berbagai elemen branding dapat mudah diingat oleh calon pelanggan.
- Digital Marketing: Nah, hal ini berbeda dengan digital marketing, yang lebih berfokus pada pembuatan dan pelaksanaan kampanye untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu. Fokus dari digital marketing juga lebih bersifat tentatif atau bisa berubah-ubah tergantung pada produk, waktu dan hal-hal lainnya. Makanya, strategi dari digital marketing ini lebih mudah untuk berubah melihat tren yang sedang berlaku.
2. Tujuan
Perbedaan digital branding dan digital marketing yang selanjutnya terletak pada tujuan masing-masing. Yuk kita cek!
- Digital Branding: tujuan utama dari digital branding adalah membangun hubungan emosional dengan calon pelanggan di kanal digital dari bisnis kamu. Selain itu, digital branding juga bertujuan untuk memperkenalkan bisnis serta membangun atau mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah terbentuk terhadap bisnis kamu.
- Digital Marketing: Berbeda dengan digital marketing yang mempunyai tujuan untuk mempromosikan produk maupun layanan bisnis kamu, nih. Selain itu, digital marketing juga bertujuan untuk meningkatkan conversion rate dari bisnis kamu, yang imbasnya langsung ke angka penjualan.
Nah, itu dia perbedaan digital branding dan digital marketing yang kamu harus tahu sebagai business owners!
Meskipun mempunyai tujuan dan juga fokus yang berbeda, keduanya harus sama-sama kamu implementasikan dengan baik.
Karena, dengan menggunakan kedua strategi itu secara berkesinambungan dengan baik, kamu pasti bisa memaksimalkan potensi dari bisnis kamu!
Nah, kalo kamu gak yakin dalam strategi digital branding maupun digital marketing untuk bisnismu, kayanya kamu butuh branding consultant yang dapat membantu kamu melakukan segala proses branding untuk bisnismu, deh!
Jangan bingung-bingung, ada Build Momentum branding agency Jakarta yang bisa bantu semua proses branding bisnismu!
Kita bisa membantu kamu membuat identitas brand dengan jasa brand identity yang kita punya. Sampai jasa konsultan branding yang bisa bantu kamu melakukan brand audit.
Selain itu, dengan menggunakan jasa digital marketing dari Build Momentum, kamu juga akan lebih mudah mengelola media sosial dari bisnismu, nih!