6 Kesalahan Umum dalam Branding
Ini dia kesalahan dalam branding yang mungkin kamu gak sadar kamu lakukan untuk bisnis kamu!
Membangun branding memang gak gampang, butuh strategi dan juga uji coba yang berkelanjutan yang harus dilakukan.
Nah, maka dari itu, banyak nih pelaku bisnis yang gak sadar melakukan kesalahan-kesalahan umum ini dalam melakukan branding bisnis mereka.
Nah, dengan mengetahui kesalahan dalam branding ini, diharapkan kamu bisa menghindarinya untuk bisnis kamu.
Yuk, kita simak bareng-bareng!
Table of Contents
ToggleKesalahan Umum Dalam Branding
1. Tidak Melakukan Riset
Yang pertama adalah tidak melakukan riset pasar untuk bisnis kamu.
Riset pasar adalah langkah krusial dalam menjalankan proses branding.
Dengan melakukan riset pasar yang mendalam, kamu akan menemukan banyak hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih brand.
FYI, kesalahan ini masih banyak lho dilakukan para business owners. Biasanya mereka beranggapan siapapun bisa jadi target pasar mereka.
Padahal, dengan melakukan riset dan mengerucutkan target pasar, kamu jadi bisa merancang strategi branding yang paling efektif dan efisien untuk bisnis kamu.
2. Brand Voice yang Tidak Konsisten
Yang selanjutnya adalah brand voice yang tidak konsisten.
Brand voice sendiri adalah cara brand menyampaikan pesan ke audiens mereka.
Nah, cara penyampaian pesan ini juga sama pentingnya dengan isi pesan itu sendiri.
Jadi, brand voice untuk brand kamu juga harus konsisten di setiap kanal marketing bisnis kamu, nih.
Brand voice yang tidak konsisten akan membuat audiens kamu kebingungan, yang nantinya malah bisa merusak reputasi brand-mu.
Simpelnya sih, audiens kamu seakan merasa berbicara dengan orang yang berbeda-beda, dan bukan dengan satu orang yang sama.
Nah, untuk menghindarinya, kamu dapat membuat pedoman untuk brand voice dan juga mengimplementasikannya di setiap kanal marketing bisnismu.
Baca Juga: “Hindari 5 Kesalahan ini dalam Membangun Brand Positioning!“
3. Tidak Menentukan Misi dan Nilai Bisnis
Visi, misi dan juga value dari bisnismu adalah hal yang paling fundamental dalam pembangunan branding.
Tanpa adanya hal tersebut, keseluruhan proses branding bisnis kamu pasti akan berantakan.
Bisnis kamu mungkin akan mengalami disjointed brand, yang membuat audiens akan lebih sulit untuk terkoneksi dengan bisnismu.
4. Mengabaikan Brand Guideline
Brand guideline adalah suatu pedoman yang digunakan suatu bisnis yang berfungsi sebagai standar untuk menjaga konsistensi brand bisnis mereka di seluruh saluran pemasaran.
Hal yang termasuk didalamnya meliputi brand voice dan pemilihan warna, yang membuat bisnis kamu konsisten di setiap kanal pemasaran.
Nah, dengan membuat dan secara konsisten mematuhi brand guideline proses branding kamu pasti akan lebih efektif.
5. Terlalu Bergantung pada Tren / Tidak Mengikuti Tren
Hal selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan saat membangun brand adalah tren.
Nah, tren ini juga bisa jadi salah satu kesalahan dalam branding, nih.
Dengan terlalu mengikuti tren, brand kamu akan kehilangan integritas dan juga identitasnya.
Namun sebaliknya, mengabaikan tren justru akan membuat brand kamu ketinggalan oleh kompetitor.
Jadi, strategi brand kamu harus tetap kamu kembangkan untuk tidak hanya sekedar mengikuti tren, namun tetap menjaga identitas brand kamu.
Selalu merevisi dan mengevaluasi strategi brand adalah hal yang wajib kamu lakukan untuk mengantisipasi perkembangan tren.
6. Logo
Ya, kesalahan umum dalam branding yang lain adalah meremehkan logo.
Logo adalah identitas utama dari suatu bisnis agar bisa dikenal luas oleh masyarakat.
Tapi, masih sering saat pembuatan logo, brand tidak memperhatikannya secara mendalam dan terkesan dibuat seadanya.
Padahal, logo adalah representasi dari value dari brand kamu sendiri, yang tertuang dalam visual, warna, dan tagline.
Untuk mencegahnya, kamu pertama harus memahami bagaimana brand identity bekerja dan buatlah logo berdasarkan brand identity dari bisnismu.
Baca Juga: “Cara Menghindari Brand Dilution untuk Bisnis Kamu!“
Nah, itu dia 6 kesalahan dalam branding yang umum dilakukan oleh business owners.
Dengan mengetahui 6 hal tersebut, diharapkan kamu bisa menghindarinya, ya!
Nah, kalo kamu gak yakin dalam pembuatan brand untuk bisnismu, kayanya kamu butuh branding consultant yang dapat membantu kamu melakukan segala proses branding untuk bisnismu, deh!
Jangan bingung-bingung, ada Build Momentum branding agency Jakarta yang bisa bantu semua proses branding bisnismu!
Kita bisa membantu kamu membuat identitas brand dengan jasa brand identity yang kita punya. Sampai jasa konsultan branding yang bisa bantu kamu melakukan brand audit.