7 Jenis Konten Instagram untuk Branding
7 jenis konten Instagram untuk branding ini cocok buat kamu yang mau meningkatkan branding dari bisnismu, nih!
Ada konten giveaway, carousel, testimoni, sampai Instagram live yang bisa kamu manfaatkan untuk branding bisnis kamu!
Sudah bukan rahasia lagi, media sosial khususnya Instagram memang banyak menjadi pilihan business owners untuk mengembangkan bisnis mereka.
Hal ini gak terkecuali dari branding yang bisnis mereka ingin bangun juga, lho.
Jadi, apa saja jenis konten Instagram untuk branding? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!
Table of Contents
ToggleJenis Konten Instagram untuk Branding
Mengetahui berbagai jenis konten di Instagram memang penting banget untuk membantu kamu mengoptimalkan platform yang satu ini.
Dengan membagikan foto produk, video ataupun tulisan kamu bisa menggunakan Instagram sebagai sarana promosi bisnis kamu, nih.
Nah, mengoptimalkan konten Instagram gak sebatas mengunggah konten aja, lho.
Butuh perencanaan yang matang agar konten-konten yang kamu buat bisa tepat sasaran dan relevan ke target audiens yang sudah kamu tentukan.
Dengan konten-konten yang relevan tersebut, kamu juga tentunya bisa meningkatkan brand awareness bisnis kamu.
Yuk simak aja penjelasan lengkap yang sudah MinMom rangkum untuk kamu!
1. Konten Giveaway
Siapa sih yang gak suka hadiah gratis? Pasti semua suka, kan? Nah, hal ini pastinya gak terkecuali untuk audiens kamu, nih.
Kamu bisa menggunakan jenis konten yang satu ini untuk menarik perhatian audiens dan mendorong brand awareness dari bisnis kamu.
Nah, untuk membuatnya, kamu harus menentukan hadiah menarik apa yang mau kamu berikan ke audiens kamu nantinya.
Hadiah tersebut pun dapat berupa produk, voucher belanja, atau layanan bisnis gratis.
Selain itu, kamu juga harus memikirkan syarat dan ketentuan yang ada dalam proses giveaway ini.
Contoh yang paling sering di temukan adalah mengajak audiens kamu untuk meninggalkan komentar dan tag teman mereka, atau memberikan like serta membagikan postingan giveaway tersebut.
Nah, selain meningkatkan engagement dan juga brand awareness dari bisnis kamu, jenis konten ini juga bisa banget lho untuk membantu kamu mendapatkan insight dari audiens.
2. Konten Testimoni
Jenis konten Instagram untuk branding yang selanjutnya adalah konten testimoni dari pelanggan!
Sebagaimana yang kita tahu, testimoni adalah hal yang penting banget untuk kamu share di platform digital bisnismu.
Selain untuk meningkatkan brand awareness, testimoni ini juga ampuh banget untuk mengajak calon pelanggan lainnya untuk bisa lebih percaya untuk membeli produk atau menggunakan layanan bisnis kamu.
Biasanya, konsumen akan mengunggah pengalaman mereka melalui akun Instagram pribadi mereka.
Nah, kamu bisa menggunakan kesempatan ini juga untuk berinteraksi dengan pelanggan kamu.
3. Konten Ucapan Hari Besar
Yang selanjutnya adalah konten ucapan hari besar nasional ataupun keagamaan.
Dengan membuat konten dengan tema hari besar yang berupa ucapan ataupun infografis, kamu bisa lho meningkatkan branding bisnis kamu.
Kenapa? Karena dengan mengunggah konten tersebut di Instagram bisnis kamu, audiens akan merasa dihargai oleh bisnis kamu.
Nah, dari sini bisnis kamu akan terlihat lebih dekat dan dapat menciptakan koneksi antara bisnis kamu dan audiens.
4. Konten Guide
Konten guide memang banyak di pakai oleh banyak pelaku bisnis di Instagram.
Pasalnya, konten dengan jenis ini terbukti ampuh untuk meningkatkan branding dari suatu bisnis.
Kamu bisa mengeksekusi konten jenis ini dengan menyuguhkan ulasan, tutorial ataupun rekomendasi tentang produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan.
Buatlah dengan format yang mudah untuk dipahami, dan dengan brand voice dan guideline yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
Baca Juga: “Intip Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Ala Build Momentum!“
5. Konten QnA
Konten QnA atau konten Question and Answer juga cukup banyak ditemui khususnya di IG stories suatu bisnis.
Nah, konten jenis ini bagus banget untuk meningkatkan engagement dan interaksi dengan audiens kamu.
Isi pertanyaannya pun bisa beragam, lho. Dari mulai yang berhubungan dengan bisnis kamu, ataupun pertanyaan-pertanyaan sehari-hari yang tidak ada kaitannya dengan bisnis kamu.
Nah, dengan konten ini, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan insight tentang apa yang audiens kamu rasakan tentang bisnis kamu, serta feedback dari audiens untuk membangun bisnis kamu.
6. Konten Sneak Peak
Jenis konten Instagram untuk branding yang selanjutnya ada konten sneak peak nih.
Nah, konten ini adalah konten preview atau pratinjau dari produk, proyek atau acara yang ingin kamu berikan kepada audiens sebelum launching.
Tujuannya adalah untuk membangun minat dan ekspektasi dari audiens, serta memberikan gambaran tentang apa yang ingin bisnis kamu rilis.
Biasanya sih, konten jenis ini berupa gambar, atau video singkat yang berisi informasi yang membuat audiens kamu penasaran.
Baca Juga: “10 Cara Membangun Digital Branding untuk Bisnis“
7. Konten Meme
Yang terakhir adalah konten meme, yang juga menjadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif untuk menarik perhatian audiens.
Pembuatan konten jenis ini juga termasuk yang berpotensi besar untuk viral, karena sifatnya yang menghibur atau relate dengan kehidupan sehari-hari audiens bisnismu.
Nah, dengan konten meme yang relate ini lah, audiens akan membagikannya kepada teman atau kerabat mereka, yang menjadikan brand awareness kamu semakin meningkat!
Itu dia 7 jenis konten Instagram untuk branding yang bisa kamu coba terapkan untuk bisnis kamu!
Eits, membangun branding memang bukan hal yang mudah. Kamu mungkin bingung untuk mulai dari mana, ya kan?
Jangan khawatir! Ada Build Momentum yang bisa bantu kamu membangun branding untuk bisnis kamu!
Kita adalah branding agency Jakarta yang bisa bantu semua proses branding bisnismu!
Kita bisa membantu kamu membuat identitas brand dengan jasa brand identity yang kita punya.
Selain itu, dengan branding consultant berpengalaman yang kita punya, kita juga dapat menyediakan jasa konsultan brand yang bisa membantu kamu handle seluruh proses branding bisnismu.
Eits, jangan lupa juga, kalo kamu mau bisnis kamu lebih cuan di platform digital, kita juga ada jasa digital marketing yang bisa membantu kamu!