Intip Strategi Branding Netflix!
Bagi kamu yang hobi menonton film, Netflix pastinya sudah menjadi aplikasi yang umum diketahui. Kini, Netflix memiliki sekitar 200 Juta pelanggan di seluruh dunia. Banyak sekali ya! Nama besar Netflix tentu saja dipengaruhi oleh strategi branding yang dilakukannya.
Kira-kira apa saja ya? Yuk bedah sama-sama!
1. Modern marketing strategy
Keberhasilan Netflix ternyata tidak lepas dari modern marketing strategy yang mereka gunakan, diantaranya Netflix selalu melakukan pendekatan dengan audiens dengan email marketing yang memiliki desain dan copwryting yang unik. Melalui inovasi, teknologi, creative strategy, dan data analisis yang mereka miliki, Netflix berhasil mencapai pertumbuhan yang sangat signifikan.
2. Keep up to date
Kalau kamu pelanggan setia Netflix, pasti kamu pasti setuju bahwa iklan Netflix sangatlah kekinian dan unik. Iklannya yang tidak terkesan hard selling, justru sangat menarik karena seringkali disertai dengan scene film yang humoris atau bahkan meme lucu merupakan salah satu bentuk strategi branding yang mengikuti dengan zaman dan perubahan pasar.
3. PDKT dengan customer
Hampir semua akun media sosial Netflix selalu membalas pelanggannya dengan gaya bahasa yang santai dan selalu “in funny ways”. Sering juga mereka mengadakan Polls atau Q&A Session tentang serial terbarunya. Feedback dari pelanggan sangat penting untuk menjaga kualitas suatu brand lho.
4. Inovasi tanpa henti
Inovasi Netflix untuk mempertahankan konsumennya yaitu dengan menghadirkan konten-konten seperti series atau original movies Netflix yang di produksi sendiri atau membeli konten pada production house lain. Seperti series “Stranger Things” yang sangat booming dan dinanti-nanti season lanjutannya!
Menurutmu, ada lagi gak strategi branding netflix yang menarik namun belum disebutkan di atas?