Intip Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Ala Build Momentum!
Intip cara meningkatkan brand awareness melalui media sosial ala Build Momentum yang sudah MinMom rangkum khusus untuk kamu!
Pada era yang serba digital seperti sekarang ini, media sosial telah menjadi alat yang efektif untuk membangun suatu bisnis.
Ini karena dengan menggunakan media sosial, kamu bisa menempatkan bisnis kamu untuk dilihat oleh jutaan orang.
Dengan kesempatan ini, banyak juga bisnis yang membangun brand mereka melalui media sosial juga, nih.
Nah, dengan kesempatan dan jangkauan yang begitu luas seperti yang sudah MinMom jelasin, kamu wajib memanfaatkan media sosial untuk perkembangan brand kamu.
Yuk, kita ulas cara meningkatkan brand awareness melalui sosial media ala Build Momentum!
Table of Contents
ToggleCara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial
1. Pilihlah Platform yang Tepat
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih platform media sosial yang tepat untuk bisnismu.
Biasanya, berbeda platform media sosialnya, berbeda juga karakteristik dari target audiensnya.
Contohnya, kalau bisnis kamu mencoba menjangkau audiens yang lebih tua, Facebook bisa kamu pilih sebagai platform marketing kamu.
Tapi, kalau kamu mau mencoba menjangkau milenial dan juga menampilkan produk kamu secara visual, Instagram adalah tempatnya.
Selain itu, ada Twitter yang bisa kamu gunakan untuk lebih berinteraksi dengan audiens kamu.
Ataupun LinkedIn kalau bisnis kamu bergerak dalam bidang B2B.
Nah, mengetahui karakteristik audiens disetiap platform media sosial ini penting banget untuk kelancaran proses branding bisnismu!
2. Membuat Konten yang Relevan dan Menarik
Setelah mengetahui karakteristik dari setiap platform, kamu harus membuat konten-konten menarik untuk dapat mendapatkan perhatian dari audiens kamu.
Kamu bisa menggunakan inbound marketing dan membuat konten-konten informatif untuk membangun kredibilitas bisnismu,
Selain itu, gunakan visual yang menarik untuk menonjolkan produk yang bisnis kamu tawarkan.
Hal yang kamu harus perhatikan dalam pembuatan konten ini adalah, buatlah konten yang relevan dengan target pasar yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
Dan perhatikan kualitas kontenmu juga, gunakan gambar atau video yang berkualitas tinggi, agar brand kamu terlihat profesional.
Baca Juga: “Hindari 5 Kesalahan ini dalam Membangun Brand Positioning!“
3. Gunakan Influencer Marketing
Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis kamu adalah dengan menggunakan influencer marketing.
Strategi ini juga menjadi strategi pemasaran yang kian populer dimana kamu bekerja sama dengan orang berpengaruh untuk mempromosikan produk atau layanan kamu.
Nah, karena influencer ini memiliki jangkauan audiens yang luas, dan yang pasti dipercaya oleh pengikut mereka, dijamin deh brand awareness dari bisnis kamu juga akan melonjak!
Eits, tapi ingat, kamu juga harus memperhatikan siapa yang akan kamu ajak kerjasama.
Lakukan riset terhadap beberapa influencer, pilihlah influencer yang memiliki relevansi audiens dengan target pasar yang ingin kamu tuju.
Selain itu, kamu juga harus memilih influencer yang memiliki kredibilitas dan juga reputasi yang positif.
4. Optimalkan Akun Media Sosial
Cara meningkatkan brand awareness ala Build Momentum yang selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan akun media sosial dari bisnismu.
Kamu bisa melakukan ini dengan cara menggunakan foto profil yang profesional agar memberikan kesan positif pada audiens.
Selanjutnya, isi deskripsi dengan cerita singkat yang mencerminkan brand value dan juga identitas dari bisnismu.
Hal ini bertujuan agar konsumen memahami lebih baik tentang bisnis kamu.
Nah, jangan lupa juga sertakan informasi kontak ataupun link yang relevan agar konsumen dengan mudah dapat menghubungi kamu.
5. Giveaway
Yang selanjutnya dan yang juga cukup efektif adalah melakukan giveaway.
Pemberian giveaway ini selain dapat meningkatkan brand awareness, tapi juga dapat meningkatkan interaksi pelanggan dengan bisnis kamu, lho.
Tapi, dalam menjalankan giveaway kamu harus memperhatikan beberapa hal, nih.
Seperti pemilihan produk yang akan kamu berikan ke audiens kamu, lalu aturan yang jelas agar peserta giveaway tidak kebingungan.
Kamu juga bisa meningkatkan efektifitas giveaway dengan mempromosikannya ke platform media sosial atau platform marketing bisnis kamu yang lain agar lebih banyak orang yang tahu dan berpartisipasi dalam acara ini.
6. Gunakan Paid Ads
Setiap media sosial pasti memiliki fitur paid ads yang memungkinkan kamu memasang iklan di media sosial untuk bisnismu.
Nah, paid ads ini juga efektif banget untuk meningkatkan brand awareness di media sosial, nih.
Karena, paid ads memungkinkan kamu untuk mencapai lebih banyak orang dan menciptakan interaksi positif dengan konsumen.
7. Evaluasi
Yang terakhir adalah melakukan evaluasi atas keseluruhan strategi branding yang kamu jalankan di media sosial.
Dengan memantau dan terus evaluasi strategi branding yang kamu jalankan, kamu dapat mengidentifikasi kalau-kalau strategi yang kamu jalankan tidak efektif.
Nah, ada beberapa tips yang bisa MinMom kasih, nih.
Seperti memantau metrik yang relevan, seperti jumlah tayangan, tingkat interaksi, sampai konversi penjualan.
Kamu juga bisa membuat laporan secara teratur untuk melihat perkembangan dan pencapaian strategi branding kamu di media sosial.
Nah, dari situ kamu dapat menentukan untuk mengembangkan strategi yang sudah ada atau bahkan membuat strategi baru untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Baca Juga: “13 Cara Branding Produk Yang Tepat dan Efektif“
Mengapa Media Sosial Penting untuk Meningkatkan Brand Awareness?
Dengan kurang lebih 160 juta pengguna media sosial, Indonesia berada di peringkat keempat di dunia yang memiliki jumlah pengguna media sosial terbanyak.
Nah, dengan angka yang besar, gak heran kalau media sosial bisa menjadi salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan.
Kamu dapat menjangkau lebih banyak orang, dan memperluas jangkauan pasar dari bisnis kamu.
Selain itu, media sosial juga bisa jadi platform yang tepat untuk membangun interaksi dan koneksi dengan pelanggan.
Dengan terbangunnya koneksi ini, secara gak langsung pastinya akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis kamu, nih.
Ditambah lagi, pembuatan konten yang relevan dan juga informatif di media sosial juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis kamu, lho.
Yang juga dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang bisnis kamu tawarkan.
Dengan alasan-alasan tersebut, gak heran kalau media sosial banyak dimanfaatkan untuk pelaku bisnis.
Terutama untuk mereka yang ingin meningkatkan brand awareness mereka.
Baca Juga: “Intip 7 Tahapan Brand Positioning ala Build Momentum“
Nah, itu dia 7 cara meningkatkan brand awareness melalui media sosial ala Build Momentum!
Dengan meningkatkan brand awareness dijamin bisnis kamu juga pasti akan lebih baik dari segi revenue.
Nah, kalo kamu gak yakin dalam strategi brand awareness untuk bisnismu, kayanya kamu butuh branding consultant yang dapat membantu kamu melakukan segala proses branding untuk bisnismu, deh!
Jangan bingung-bingung, ada Build Momentum branding agency Jakarta yang bisa bantu semua proses branding bisnismu!
Kita bisa membantu kamu membuat identitas brand dengan jasa brand identity yang kita punya. Sampai jasa konsultan branding yang bisa bantu kamu melakukan brand audit.
Selain itu, dengan menggunakan jasa digital marketing dari Build Momentum, kamu juga akan lebih mudah mengelola media sosial dari bisnismu, nih!