Inbound Marketing Adalah: Penjelasan Lengkap Tentang Inbound Marketing
Inbound marketing adalah salah satu strategi dalam dunia marketing yang dinilai cukup efektif buat naikin brand awareness kamu!
Kamu pernah denger istilah inbound marketing? Kalo kamu yang up-to-date dengan dunia marketing pasti pernah denger istilah ini.
Tapi mungkin kamu belum tau apa itu inbound marketing dan apa sih fungsinya buat bisnis kamu? Yuk kita ulas bareng-bareng disini!
Table of Contents
ToggleInbound Marketing Adalah
Di era digital kaya sekarang ini, banyak orang-orang yang mencari informasi secara online, entah itu dari mesin pencari, media sosial, YouTube atau bahkan podcast.
Nah, Inbound marketing adalah salah satu strategi yang di dalam dunia digital marketing yang digunakan untuk menarik calon pelanggan kamu dengan cara membuat konten-konten yang berguna dan juga relevan dengan target audiens kamu.
Konten-konten tersebut juga beragam, bisa dengan blog dari website bisnis kamu, media sosial dan juga yang lainnya.
Dengan membuat konten-konten yang useful dan juga relevan, selain akan meningkatkan brand awareness dari merek kamu, kamu juga bisa membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen-konsumen kamu.
Selain itu, kamu juga harus menjaga konsistensi dari konten-konten yang kamu buat, mulai dari konsisten dalam hal kualitas, kuantitas sampai konsistensi waktu.
Di dalam inbound marketing sendiri, ada sosial media dan SEO bisa menjadi ujung tombak kamu.
Dengan SEO kamu bisa menggunakan konten-konten yang relevan dan juga teroptimasi dengan baik untuk memudahkan audiens mencari bisnis kamu di mesin pencari.
Nah, kamu bisa menggunakan media sosial untuk berinteraksi langsung dan menjalin hubungan dengan audiens kamu.
Meskipun inbound marketing gak selalu mendatangkan leads dan juga sales secara langsung, inbound marketing bisa jadi hal yang krusial banget untuk perkembangan bisnis kamu khususnya di ranah digital.
Baca Juga: “Brand Positioning Adalah: Jenis dan Manfaat Brand Positioning“
Tahapan Inbound Marketing
1. Attracting (Menarik)
Tahapan pertama dalam membangun inbound marketing yang baik adalah dengan menarik calon audiens kamu.
Kamu bisa menggunakan SEO sebagai medium kamu menarik calon audiens.
Dengan konten-konten yang relevan dan juga berkualitas serta di optimasi dengan baik di blog website kamu, kamu dapat meningkatkan visibilitas website dari brand kamu di mesin pencarian.
Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan platform sosial media untuk menarik pelanggan.
Dengan sosial media, kamu bisa menunjukan value dan juga identitas dari brand kamu, serta membangun hubungan dengan audiens dari brand kamu.
Tapi ingat, kamu gak cuma sekedar bikin konten tapi juga harus konsisten dan juga memiliki niche yang terfokus supaya kredibilitas dari brand kamu dan kepercayaan dari konsumen kamu ikut meningkat.
2. Convert (Konversi)
Tahapan selanjutnya dalam inbound marketing adalah konversi.
Calon konsumen yang udah kamu tarik dari konten-konten kamu entah dari website ataupun media sosial harus kamu konversi agar menjadi leads.
Gunakan landing page di situs web kamu yang dirancang dengan baik, sertakan pula call-to-action supaya memudahkan pengunjung kamu untuk mengambil langkah yang selanjutnya.
Selain itu, penggunaan formulir online, newsletter dan email marketing juga terbukti ampuh untuk meningkatkan nilai konversi kamu.
3. Close (Transaksi)
Setelah kamu mendapatkan leads kamu bisa menyortir mana leads yang potensial untuk dilanjutkan ke tahap penjualan.
Tahapan ini menjadi tahapan penentu supaya kamu bisa mendapatkan penjualan.
Makanya, dengan menyortir mana leads yang potensial menggunakan CRM (Customer Relationship Management) akan memudahkan tim penjualan untuk melakukan proses penjualan yang lebih efektif.
4. Delight (Merawat)
Setelah transaksi berhasil dilakukan, hal yang selanjutkan kamu harus lakukan adalah merawat konsumen-konsumen kamu.
Caranya bisa dengan memberikan after sales yang baik, atau kamu bisa menggunakan fitur polling di Instagram untuk mengetahui feedback dari konsumen kamu.
Hal ini penting, supaya loyalitas dan kepercayaan konsumen terhadap brand kamu tetap tinggi dan juga terjaga.
Baca Juga: “Brand Image Adalah: Penjelasan Mendalam Tentang Brand Image“
Tools Dalam Inbound Marketing
Ada beberapa tools dan strategi yang bisa kamu pakai untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam Inbound marketing.
Yuk, kita cek!
1. SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu komponen terpenting dalam inbound marketing.
Dengan website dan konten-konten yang teroptimasi dengan baik dan juga pemilihan kata kunci yang relevan, visibilitas konten-konten dari website kamu akan lebih tinggi di mesin pencari.
Nah, dengan visibilitas yang tinggi, ini juga akan meningkatkan traffic dan memudahkan kamu untuk menggaet audiens.
2. Social Media Marketing
Yang selanjutnya ada social media marketing. Dengan strategi marketing lewat sosial media, kamu bisa secara langsung terhubung dengan audiens kamu.
Nah, selain membuat konten, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan kamu, dengan mendengarkan feedback ataupun membangun komunitas.
Tapi ingat, setiap platform sosial media itu beda-beda satu dengan yang lainnya, makanya, cara eksekusi marketing lewat sosial media dan audiensnya pun berbeda.
3. Content Marketing
Content marketing bisa dibilang adalah tulang punggung dari inbound marketing itu sendiri.
Nah, komponen dari content marketing adalah blog post, video, podcast dan juga infografis.
Ingat, untuk selalu membuat konten yang relevan, unik, memiliki nilai tambah dan yang pasti bisa membantu audiens kamu, ya!
Nah, itu dia seputar inbound marketing yang harus kamu tau supaya bisnis kamu makin cuan dan dikenal banyak orang!
Inbound Marketing adalah langkah krusial untuk bisa membuat brand kamu dikenal banyak orang.
Tapi, mungkin kamu bingung nih mulainya darimana. Nah, gausah khawatir lagi, karena ada Build Momentum yang siap bantu kamu!
Kita ada jasa digital marketing yang gak cuma bisa bantu kamu membuat konten yang relevan dengan target pasar, tapi juga akan membuat konten yang menaikan leads dari bisnis kamu, lho!
Yuk langsung cek info dibawah ini!