7 Fungsi Kemasan Produk yang Kamu Harus Tahu!
Fungsi kemasan produk tuh apa aja sih? Apa cuma untuk mempercantik produk kamu? Daripada nebak-nebak, yuk kita cek artikel yang udah MinMon rangkum untuk kamu!
Bagi para pelaku bisnis, kemasan produk memang jadi salah satu sarana untuk memasarkan produknya agar makin dikenal oleh audiens.
Meskipun kelihatannya cuma sebagai pemanis, fungsi kemasan produk ternyata lebih dari itu, lho!
Langsung aja cek penjelasan yang udah MinMon rangkum khusus buat kamu!
Table of Contents
ToggleFungsi Kemasan Produk
1. Sebagai Identitas Brand
Salah satu fungsi dari kemasan produk adalah sebagai brand identity dari sebuah bisnis ataupun merek.
Kamu mungkin sering liat brand yang mempunyai produk yang kurang lebih sama, kan?
Nah, dengan kemasan produk yang menarik dan beda dari yang lain, kamu bisa memanfaatkan ini sebagai pembeda produk atau brand kamu dari kompetitor kamu.
Dengan memasukan unsur-unsur dalam branding seperti warna, logo, pemilihan jenis huruf, dan lain sebagainya, kamu bisa menjadikan kemasan dari produk kamu sebagai brand identity dari merek kamu.
Nah, hal ini juga penting banget untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis kamu terhadap konsumen!
2. Melindungi Produk
Selain itu, kemasan produk juga berfungsi untuk melindungi produk kamu dari lingkungan luar.
Karena, banyak nih produk yang sensitif terhadap cuaca, suhu, kelembaban, dan faktor lainnya, yang kalo gak ada kemasan dijamin produk tersebut akan rusak.
Nah, selain itu, kemasan produk juga berfungsi untuk melindungi produk dari benturan dan juga kontaminasi dari bakteri yang bisa merusak produk kamu.
Contohnya, kalo kamu sering liat produk produk makanan, kamu pasti sering liat kalo produk tersebut dibuat kedap udara.
Atau, kalo kamu liat produk-produk yang berbahan kulit, didalamnya juga terdapat silica gel untuk menjaga kelembaban agar produk kulit tersebut gak berjamur dan akhirnya merusak produk!
3. Memudahkan Logistik
Fungsi kemasan produk yang lain adalah untuk memudahkan pendistribusian produk itu sendiri.
Kemasan dengan desain yang mudah dibawa, mudah diangkut dan ditata bisa memudahkan dan mempercepat proses pendistribusian.
Hal ini penting banget, karena proses pendistribusian yang cepat berarti akan mempercepat proses supply and demand dari produk kamu.
Yang akhirnya akan menaikan efisiensi dari bisnis kamu!
4. Memberikan Informasi Ke Konsumen
Kalo kamu liat, disetiap packaging dari produk pasti ada banyak informasi-informasi terkait produk tersebut.
Nah, informasi ini juga penting supaya produk kamu dapat diidentifikasi oleh konsumen dengan baik.
Dengan adanya informasi terkait produk di kemasan produk kamu juga akan mempermudah konsumen untuk memilih atau menggunakan produk kamu.
Sebagai contoh, kalo kamu membuat produk obat-obatan, dengan mencantumkan komposisi dan kandungan bahan aktif dari produk kamu juga sertifikat BPOM, konsumen kamu akan lebih mudah untuk menentukan apakah produk kamu cocok dengan kulit mereka atau tidak.
Nah, selain itu, dengan adanya informasi-informasi seperti instruksi pemakaian juga bisa memudahkan konsumen kamu untuk menggunakan produk kamu.
Baca Juga: “5 Tips Membuat Kemasan Produk Yang Menarik!“
5. Media Promosi
Tahukah kamu kalau kemasan produk juga bisa digunakan sebagai media promosi?
Ya! Dengan membuat kemasan produk yang semenarik mungkin, kamu bisa memperkenalkan produk kamu ke konsumen yang belum mengetahui produk kamu.
Nah, meskipun mereka belum tau seluk beluk tentang produk kamu, dengan kemasan produk yang menarik dan unik, konsumen kamu akan lebih tertarik untuk mencoba produk kamu.
Selain itu, dengan membuat kemasan produk yang menarik, kamu juga bisa meningkatkan daya tarik produk kamu, nih!
6. Menawarkan Nilai yang Berbeda
Kalo kamu lihat sebuah produk dengan kemasan yang menarik, kamu secara otomatis juga pasti akan tertarik untuk mencoba produk tersebut.
Beda lagi dengan produk yang kemasannya terkesan biasa aja atau bahkan gak menggunakan kemasan sama sekali.
Meskipun sebagus apapun produk tersebut, kamu pasti jadi ragu buat membelinya, atau bahkan kamu bisa ragu sama kualitas produk itu sendiri.
Nah, dengan kemasan produk yang menarik, kamu bisa meningkatkan nilai yang berbeda dari produk yang kamu jual.
Semakin baik pengemasan produk entah dari segi desain ataupun kualitas packaging itu sendiri, maka nilai jual produk kamu pun pasti akan meningkat.
7. Memberikan Kenyamanan dan pada Pelanggan
Packaging produk juga berfungsi untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen kamu, nih!
Nah, kenyamanan yang MinMom maksud adalah kenyamanan saat menggunakan produk, mengkonsumsi produk, penyimpanan dan saat pemindahan produk.
Contohnya, kalo produk kamu adalah produk makanan, packaging yang bisa sekaligus menjadi tempat makan bisa memudahkan konsumen kamu untuk mengkonsumsi produk kamu.
Baca Juga: “Tips Memilih Nama Brand Yang Kamu Harus Tahu!“
Nah, itu dia 7 fungsi dari kemasan produk yang udah MinMom rangkum untuk kamu!
Dengan menggunakan desain packaging yang menarik dan juga memperhatikan aspek fungsional dari sebuah packaging itu sendiri, dijamin produk kamu pasti akan lebih banyak untuk dilirik konsumen!
Nah, kalo kamu bingung dalam mendesain kemasan untuk produk kamu, Build Momentum punya jasa desain produk yang pastinya akan membantu kamu membuat kemasan yang menarik dan juga fungsional untuk produk kamu!