Corporate Branding Adalah: Penjelasan dan Tahapan Corporate Branding
Corporate Branding adalah salah satu strategi branding harus kamu kuasai dan terapkan buat bisnis kamu!
Branding memang gak cuma tentang logo atau slogan, khususnya untuk corporate branding atau branding perusahaan, kamu harus bisa membangun identitas dan reputasi bisnis kamu secara menyeluruh.
Nah, kamu juga harus bisa nih untuk menciptakan konsistensi dan membangun kepercayaan konsumen supaya posisi brand kamu akan lebih kuat di pasar.
Nah, sekarang MinMom akan coba untuk memberikan penjelasan lengkapnya buat kamu, yuk kita simak!
Table of Contents
ToggleCorporate Branding Adalah
Corporate Branding adalah image atau identitas dari sebuah perusahaan atau bisnis yang akan audiens lihat.
Biasanya, perusahaan akan mencoba untuk menunjukan identitas mereka lewat value, brand voice, gambar, tipografi, logo dan juga pesan yang diberikan kepada konsumen.
Setelah kamu menentukan semua itu, penting banget nih buat kamu untuk tetap konsisten dalam menerapkan itu semua di semua platform marketing kamu!
Kalo kamu bisa membentuk corporate branding yang baik, ini bisa banget buat jadi keuntungan kompetitif bagi bisnis kamu!
Soalnya, dengan corporate branding yang baik, konsumen pasti akan lebih memilih produk dari brand kamu dibanding kompetitor.
Selain itu, branding perusahaan juga penting untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu juga dan bisa meningkatkan hubungan bisnis kamu dengan pelanggan!
Baca Juga: “Inbound Marketing Adalah: Penjelasan Lengkap Tentang Inbound Marketing“
Tahapan Membangun Corporate Branding
Corporate branding adalah sebuah strategi branding yang harus direncanakan sejak awal bisnis kamu di dirikan.
Soalnya, dengan adanya corporate branding sejak awal, kamu bisa merencanakan semuanya secara lebih matang agar proses branding kamu lebih sukses, nih!
Jadi, apa aja sih tahapan untuk membangun corporate branding yang ciamik? Cek langsung di bawah ini!
1. Lakukan Audit Terhadap Brand Kamu
Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa membangun corporate branding yang baik adalah dengan meng-audit brand kamu sendiri.
Hal ini bisa kamu lakukan dengan menganalisa kelemahan serta kelebihan brand kamu, dan juga elemen-elemen branding yang udah kamu bangun di seluruh platform marketing kamu.
Dengan menganalisa brand identity, pesan dan juga semua materi pemasaran yang udah ada di bisnis kamu, kamu akan lebih tahu dimana kekurangan dan juga kelebihan dari branding yang udah kamu jalankan.
2. Tentukan Visi dan Misi
Setelah melakukan riset dan juga audit yang mendalam terkait aspek dari branding perusahaan kamu, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menentukan visi dan misi untuk brand kamu.
Dengan menentukan visi dan misi, kamu dan tim marketing bisa lebih mudah menentukan strategi marketing yang sesuai.
Baca Juga: “Brand Identity Adalah: Penjelasan Lengkap Tentang Brand Identity“
3. Tentukan Brand Guideline Untuk Bisnis Kamu
Brand guideline menjadi salah satu aspek yang krusial dalam membangun corporate branding.
Gak cuma tagline, komponen-komponen yang lain juga harus kamu perhatikan, seperti desain, brand tone of voice, logo dan juga tipografi.
Nah, brand guideline ini berguna supaya konten-konten yang kamu letakkan di semua platform marketing kamu seperti situs web atau sosial media gak terkesan ‘campur aduk’.
Nah, itu dia penjelasan tentang corporate branding yang kamu harus tahu!
Corporate Branding adalah hal yang membutuhkan perencanaan yang matang dan mendalam buat mengaplikasikannya.
Kalo kamu salah, bukan malah branding dari bisnis kamu yang berkembang, justru akan kebalikannya, branding kamu bisa jadi berantakan.
Tapi kamu tenang, ada Build Momentum yang bisa membantu kamu merancang dan juga mengaplikasikan corporate branding yang baik buat bisnis kamu.
Selain itu, kalo kamu butuh jasa digital marketing untuk bisnis kamu, kita juga bisa banget membantu kamu!
Pokoknya, bisnis kamu akan digitally profitable deh setelah menggunakan jasa branding dari Build Momentum.
Gak percaya? Coba aja cek info dibawah ini kalo kamu berani!