9 Cara Meningkatkan Brand Visibility
Inilah 9 cara untuk meningkatkan brand visibility bisnis kamu supaya bisnis kamu lebih mudah untuk dikenali dan diidentifikasi oleh target pasar kamu.
Dari mulai melakukan promosi secara online, sampai memanfaatkan KOL (Key Opinion Leader), ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan visibilitas brand kamu.
Mari simak penjelasan lengkap yang sudah MinMom rangkum khusus untuk kamu!
Table of Contents
ToggleCara Meningkatkan Brand Visibility
Cara yang paling efektif untuk meningkatkan visibilitas merek menurut MinMom adalah dengan menggunakan berbagai platform online yang tersedia.
Dari mulai menggunakan situs web, media sosial, SEO, sampai berkolaborasi dengan influencer bisa kamu lakukan untuk meningkatkan visibilitas merek kamu.
Nah, untuk brand visibility sendiri adalah sejauh mana suatu merek atau bisnis dikenali dan mudah untuk diingat oleh target pasar dan audiens yang dituju.
Tujuan dari meningkatkan visibilitas merek sendiri adalah untuk meningkatkan awareness atau kesadaran konsumen terhadap merek kamu, nih.
Jadi, saat konsumen sedang membutuhkan suatu produk atau layanan, mereka langsung akan tertuju ke merek kamu sebagai pilihan mereka.
Visibilitas merek ini adalah hal yang penting dalam proses branding, karena konsumen pasti cenderung akan memilih produk atau jasa dari brand yang sudah mereka kenal.
Nah, dalam era yang serba digital seperti sekarang ini, memanfaatkan platform online adalah hal yang paling efektif dalam meningkatkan visibilitas merek.
Yuk kita lihat cara meningkatkan brand visibility!
Baca Juga: “10 Cara Mengembangkan Strategi Branding“
1. Analisa Target Pasar
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan analisa terhadap target pasar yang mau kamu tuju.
Kamu bisa melakukan analisis pasar dengan mengidentifikasi beberapa hal seperti usia, letak geografis, seberapa penting produk kamu untuk mereka sampai status ekonomi mereka, nih.
Nah, dengan target pasar yang sudah mengerucut, kamu dapat membangun strategi branding yang efisien dan juga efektif untuk akhirnya meningkatkan visibilitas merek kamu.
2. Tentukan Identitas Brand Kamu
Hal yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan visibilitas merek kamu yang selanjutnya adalah menentukan brand identity untuk bisnis kamu.
Nah, hal ini termasuk logo, tagline, pemilihan warna dan lain sebagainya.
Kamu juga harus memastikan kalau identitas dari brand kamu ini dapat merepresentasikan nilai dan juga pesan yang ingin kamu sampaikan ke audiens kamu.
Setelah itu, hal yang kamu harus lakukan adalah konsisten terhadap identitas dari bisnis kamu.
Konsistensi ini adalah hal yang sangat penting agar proses pengenalan dan peningkatan brand visibility dapat berjalan dengan efektif.
Oh iya, pastikan dalam proses penentuan logo, warna, serta tone of voice juga harus sesuai dengan target pasar kamu, ya!
3. Go Online!
Hal yang selanjutnya adalah membangun kehadiran bisnis kamu di platform online seperti media sosial dan juga situs web.
Kamu bisa membuat situs web yang profesional untuk memasarkan dan mengenalkan produk atau jasa yang bisnis kamu tawarkan.
Nah, di media sosial juga gak jauh beda, nih. Apalagi dengan memiliki akun media sosial, kamu juga bisa berinteraksi yang akhirnya membangun koneksi dengan konsumen kamu.
Di berbagai platform online, kamu bisa menggunakan strategi inbound marketing, dengan membuat konten yang berguna dan juga relevan dengan target pasar kamu, kamu dapat secara langsung meningkatkan visibilitas merek kamu.
4. SEO (Search Engine Optimization)
Masih berkorelasi dengan poin di atas, cara meningkatkan brand visibility yang selanjutnya adalah mengoptimalkan situs web kamu di mata mesin pencari dengan strategi strategi SEO atau search engine optimization.
Buatlah konten-konten dalam bentuk artikel yang menarik, informatif dan relevan dengan bisnis kamu untuk calon audiens kamu.
Selain itu, meriset kata kunci dengan industri yang bisnis kamu jalankan juga hal yang harus kamu lakukan dalam proses SEO ini.
Nah, SEO ini juga secara efektif dapat meningkatkan visibilitas merek kamu, terutama di mesin pencari seperti Google.
5. Manfaatkan KOL (Key Opinion Leader)
Yang selanjutnya adalah melakukan kerjasama dengan KOL ataupun influencer untuk meningkatkan visibilitas merek kamu.
Identifikasi influencer yang akan kamu ajak kerjasama yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar yang kamu tuju.
Nah, fungsi dari KOL ini adalah memperluas jangkauan pasar dari merek kamu, dan menciptakan keterlibatan yang lebih besar dengan calon konsumen yang potensial.
Pastikan juga kalau KOL atau influencer yang kamu pilih nantinya memiliki visi dan nilai yang sejalan dengan brand kamu, ya!
6. Membangun Kerjasama Dengan Brand Lain
Yang selanjutnya adalah membangun kerjasama dengan brand atau bisnis lain yang memiliki audiens yang sama atau dapat saling melengkapi.
Dengan membangun kerjasama ini, kamu dan partner kamu dapat saling bertukar exposure yang nantinya akan menguntungkan kedua belah pihak.
Salah satu contoh kolaborasi antar brand yang sukses di Indonesia adalah kolaborasi antara Chitato dan juga Indomie pada 2016 lalu dan kembali pada 2022 lalu.
Cobalah untuk mencari brand yang memiliki visi yang sejalan dengan brand kamu, untuk menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan dan saling melengkapi.
7. Berikan Pengalaman Yang Baik Ke Pelanggan
Cara meningkatkan brand visibility yang selanjutnya adalah dengan memberikan pengalaman yang baik dan memorable ke pelanggan kamu.
Layanan yang tanggap dan juga ramah, produk yang sesuai atau bahkan melebihi ekspektasi kamu dapat memberikan pengalaman yang baik untuk konsumen terhadap brand kamu.
Nah, pengalaman ini gak hanya berhenti saat proses penjualan dan juga closing aja, lho.
Layanan after sales dan penanggapan komplain yang profesional dan solution-oriented juga akan memberikan pengalaman yang baik untuk konsumen.
8. Memanfaatkan Strategi Word of Mouth
Masih berkaitan dengan poin diatas, strategi word of mouth ini bisa dibilang salah bentuk strategi pemasaran yang terkuat.
Karena, strategi ini adalah strategi yang langsung diberikan kepada konsumen melalui percakapan mereka dengan kolega mereka.
Dari percakapan ini, secara langsung akan meningkatkan visibilitas dari merek kamu, nih.
Nah, kenapa hal ini bersangkutan dengan poin diatas?
Karena konsumen pasti akan lebih cenderung merekomendasikan merek yang mereka sudah merasa puas dan memiliki pengalaman yang baik saat membeli produk atau menggunakan jasa merek tersebut.
9. Promosi Iklan
Yang terakhir adalah melakukan promosi atau iklan terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan secara berkala.
Promosi ini bisa kamu lakukan baik secara online maupun offline di berbagai platform.
Nah, diluar dalam memperkenalkan produk atau jasa bisnis kamu, dalam proses promosi ini kamu juga bisa secara langsung mengajak konsumen kamu untuk membeli atau menggunakan jasa dari bisnis kamu secara lebih persuasif.
Baca Juga: “13 Cara Branding Produk Yang Tepat dan Efektif“
Mengapa Meningkatkan Brand Visibility itu Penting?
Visibilitas merek yang baik adalah salah satu cara bagi bisnis kamu untuk bertahan dalam persaingan bisnis.
Dengan meningkatnya visibilitas ini juga, bisnis kamu dapat menjangkau, membangun kredibilitas serta menciptakan ikatan emosional dengan konsumen kamu.
Karena persaingan bisnis yang kuat ini juga lah, konsumen akan cenderung memilih merek yang sudah dikenal dan memiliki presence yang kuat di pasar.
Jadi, secara tidak langsung, visibilitas merek yang kuat ini akan berdampak besar juga akan peningkatan revenue dari bisnis kamu.
Nah, itu dia 9 cara meningkatkan brand visibility yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kamu beserta manfaat meningkatnya brand visibility untuk bisnis kamu!
Dengan persaingan bisnis yang kuat, brand yang memiliki visibilitas tinggi akan lebih mudah bertahan di pasar.
Nah, mungkin kamu masih bingung dan membutuhkan bantuan bagaimana cara meningkatkan brand visibility dari bisnis kamu.
Tenang aja! Ada Build Momentum yang bisa bantu kamu melakukan itu semua!
Build Momentum sendiri adalah branding agency dan juga branding consultant di Jakarta yang sudah beroperasi dari 2016 lalu.
Kami sudah berpengalaman meng-handle banyak project dari berbagai klien yang pastinya keren-keren.
Dengan jasa branding dari Build Momentum, kamu gak hanya akan mendapatkan brand visibility yang meningkat.
Soalnya, kita juga bisa membangun berbagai strategi branding dan juga keseluruhan proses branding itu sendiri.
Dari jasa konsultan branding sampai jasa brand identity, langsung aja ke Build Momentum!