Simak 7 Cara Meningkatkan Brand Image untuk Bisnis!
Cara meningkatkan brand image untuk bisnis memang banyak, dari mulai menentukan identitas yang menjadi pembeda dari pesaing, memilih target pasar, sampai berkolaborasi dengan influencer.
Ya, brand image, atau citra merek memang jadi hal yang penting dalam proses branding untuk bisnis kamu.
Nah, brand image ini bisa dibilang adalah personality yang konsumen persepsikan akan brand kamu, bisa secara faktual atau imajinatif dari konsumen.
Brand image juga gak bisa dibangun dalam waktu semalam aja, nih.
Brand image berkembang seiring berjalannya waktu oleh konsumen berdasarkan pengalaman yang konsumen rasakan selama berinteraksi dengan brand kamu.
Biasanya sih, brand image yang positif terbentuk dari produk dan juga layanan yang memuaskan yang brand kamu berikan ke konsumen.
Tapi, ada lagi lho selain itu! Jadi bagaimana cara meningkatkan brand image untuk bisnis? Simak penjelasan lengkapnya ala Build Momentum!
Table of Contents
ToggleCara Meningkatkan Brand Image untuk Bisnis
Branding memang gak melulu soal logo, strategi pemasaran yang oke, dan juga promosi.
Memang sih, hal tersebut bisa penting dan juga esensial untuk sebuah brand. Tapi hal-hal tersebut gak bisa serta-merta meningkatkan brand kamu, lho!
Apalagi konsumen sekarang yang sudah jauh lebih cerdas yang mana kamu gak bisa mengambil hati mereka hanya dengan mempromosikan produk atau layanan kamu yang bilang kalau kamu yang terbaik.
Ditambah dengan adanya media sosial yang membuat persaingan dalam bisnis menjadi jauh lebih ketat.
Nah, biasanya konsumen sekarang membangun impresi atas suatu bisnis berdasarkan interaksi yang mereka lakukan dengan bisnis tersebut dan juga produk atau layanan yang mereka tawarkan, nih.
Maka dari itu, membangun impresi yang baik bagi konsumen terhadap bisnis kamu bisa dibilang lebih efisien untuk membangun branding sekarang ini.
Yuk, kita cek di bawah penjelasan lengkapnya!
1. Pahami Celah Antara Brand Image yang Sudah Terbentuk dan Yang Ingin Kamu Bangun
Mungkin kamu sudah mencoba meningkatkan citra merek kamu selama beberapa waktu.
Tapi mungkin kamu bingung apakah strategi yang kamu jalankan sudah berhasil atau belum.
Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut:
- Lakukan survey ke konsumen untuk mengetahui timbal balik mereka
- Lakukan wawancara terhadap grup tertentu
- Perhatikan secara seksama interaksi konsumen tentang brand kamu di media sosial
- Perhatian ulasan dan komentar yang diberikan konsumen
Nah, aktivitas-aktivitas tersebut bisa kamu jadikan acuan apakah brand image kamu di mata konsumen sudah sesuai atau belum dari yang kamu harapkan.
Kalau belum sesuai, kamu bisa mengikuti langkah ini untuk bisa meningkatkannya!
2. Jadilah Berbeda!
Yang pertama adalah menjadi berbeda dari kompetitor kamu dengan membangun brand identity yang jelas.
Ada beberapa hal yang harus kamu tanyakan kepada diri kamu sendiri mengenai bisnis kamu untuk menentukan pembeda ini, diantaranya:
- Apa yang unik dari bisnismu? Dan kenapa bisnis atau produk kamu relevan dan banyak dicari?
- Apa yang bisa kamu berikan ke konsumen yang kompetitor gak bisa berikan?
- Apa janji dan komitmen yang bisa kamu berikan ke konsumen?
- Apa nilai-nilai bisnis yang kamu pegang? Dan bagaimana bisnis kamu mau dikenal oleh masyarakat?
Nah, jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut, tentukan dan aplikasikan hal tersebut secara konsisten pada unit bisnis kamu.
Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut juga bisa lho untuk menjadi panduan kamu untuk mengambil keputusan terkait bisnis kamu di kemudian hari.
Selain itu, kamu juga harus mengkomunikasikan hal-hal tersebut ke setiap orang yang bertanggung jawab di bisnis kamu.
Baca Juga: “7 Cara Meningkatkan Brand Engagement yang Wajib Kamu Tahu!“
3. Kenali Konsumen Kamu
Pasti kamu pernah dengar istilah “Tak kenal maka tak sayang”, kan?
Nah, maka dari itu, kamu juga harus mengenal konsumen kamu, agar kamu bisa lebih mengerti apa yang mereka butuh dan mereka harapkan dari bisnis kamu.
Tentukan untuk siapa produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan, karena dari sekian banyak calon konsumen, mungkin gak semuanya cocok untuk dijadikan konsumen yang potensial untuk bisnis kamu
Dari situ kamu bisa mencari tahu apa yang mereka harapkan, bagaimana cara kamu berinteraksi dengan mereka, apa yang mereka harapkan, masalah apa yang mereka sering temui dan bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah mereka.
Nah, caranya, kamu bisa melakukan riset dengan wawancara, survey dan lain sebagainya.
4. Tingkatkan Kualitas Produk atau Layanan
Cara meningkatkan brand image yang selanjutnya adalah dengan meningkatkan kualitas dari produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan.
Dengan meningkatkan produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan, otomatis kepuasan pelanggan juga akan meningkat, nih.
Yang akhirnya akan memberikan citra baik kepada bisnis kamu.
Baca Juga: “Referral Marketing: Penjelasan, Jenis dan Cara Menerapkannya“
5. Gunakan Media Sosial dan Platform Online Lainnya
Kamu bisa menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand image kamu.
Dengan memberikan konten-konten relevan yang membantu konsumen, kamu bisa meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas brand kamu, nih.
Selain itu, media sosial dan kanal-kanal online lainnya juga dapat menjadi sarana kamu berinteraksi dengan konsumen.
Kamu bisa memantau ulasan serta komentar yang diberikan konsumen terhadap produk atau layanan bisnismu.
Ulasan dan komentar tersebut yang pasti gak selalu positif nih, kamu juga bisa mendapatkan kritik serta saran yang bisa membantu kamu mengembangkan bisnis kamu.
Nah, dari situ kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan customer service yang baik secara maksimal yang akan membangun citra merek dan bisnismu.
6. Tingkatkan Customer Experience
Ngomong-ngomong soal customer service, hal ini juga bisa kamu jadikan cara untuk meningkatkan brand image, lho.
Ya, dengan customer service yang baik, pastinya konsumen akan lebih merasa nyaman dan puas dengan keseluruhan bisnis kamu.
Hal ini akan meningkatkan customer experience yang nantinya akan meningkatkan brand image dari bisnis kamu, nih.
7. Inovasi dan Evaluasi
Hal yang terakhir adalah melakukan evaluasi dan inovasi dari segala segi bisnis kamu.
Branding yang baik pastinya gak akan menggunakan satu strategi yang bisa kamu pakai selamanya.
Tetap lakukan evaluasi untuk meningkatkan dan membuat strategi branding yang lebih efisien.
Selain itu, inovasi dalam segi produk atau layanan juga penting banget, nih.
Hal ini dilakukan supaya brand kamu akan tetap relevan di tengah gempuran pasar.
Nah, kalo kamu gak yakin dalam mengaplikasikan brand image untuk bisnismu, kayanya kamu butuh branding consultant yang dapat membantu kamu melakukan segala proses branding untuk bisnismu, deh!
Jangan bingung-bingung, ada Build Momentum branding agency Jakarta yang bisa bantu semua proses branding bisnismu!
Kita bisa membantu kamu membuat identitas brand dengan jasa brand identity yang kita punya. Sampai jasa konsultan branding yang bisa bantu kamu melakukan segala proses branding.
Selain itu, dengan menggunakan jasa digital marketing dari Build Momentum, kamu juga akan lebih mudah mengelola media sosial dari bisnismu, nih!