7 Cara Meningkatkan Brand Engagement yang Wajib Kamu Tahu!
Bagaimana cara meningkatkan brand engagement? Mari simak penjelasan lengkapnya disini!
Tahukah kamu, salah satu indikator dari suatu brand sudah mulai dikenal adalah meningkatnya engagement atau interaksi antara brand dan juga konsumennya.
Apalagi di era digital seperti sekarang ini yang mempermudah untuk interaksi antara konsumen dan juga pebisnis.
Nah, dari interaksi ini, kamu juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan customer experience, meningkatkan citra merek, meningkatkan hubungan emosional dengan konsumen dan masih banyak lagi.
Jadi, gimana cara meningkatkan brand engagement ala Build Momentum? Simak penjelasan lengkapnya dibawah!
Table of Contents
ToggleApa itu Brand Engagement?
Sebelum masuk ke pembahasan utama kita, kayaknya seru kalo kita membahas tentang definisi dari brand engagement itu sendiri.
Brand engagement pada dasarnya adalah hubungan, interaksi atau komunikasi yang terjalin antara suatu brand dengan konsumennya.
Nah, bisa dibilang brand engagement ini satu tingkat di atas brand awareness.
Karena, kalo brand awareness sudah berhasil dan konsumen sudah mengenal brand kamu, sementara brand engagement dikatakan sudah berhasil saat konsumen sudah terikat dan berinteraksi dengan brand kamu.
Nah, brand engagement ini juga penting untuk bisnis kamu, karena dari adanya interaksi dengan konsumen, kamu bisa mendapatkan data-data penting terkait bisnis kamu.
Dari mulai kritik dan saran, tingkat kepuasan konsumen terhadap produk ataupun jasa yang kamu tawarkan, hingga mengetahui karakteristik serta kebutuhan dari konsumen kamu.
Cara Meningkatkan Brand Engagement
1. Pahami Audiens Bisnis Kamu
Hal yang pertama adalah dengan memahami calon konsumen dari bisnis kamu.
Pelajari apa saja kebiasaan mereka, preferensi serta nilai-nilai yang dianggap penting oleh konsumen kamu.
Kamu juga harus memahami kebutuhan mereka dan apa saja yang mereka sukai dan juga benci dari di industri bisnis yang kamu geluti.
Nah, kalo kamu sudah memahami ini, baru deh kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya!
2. Gunakan Media Sosial
Karena era yang sudah serba digital seperti sekarang, brand engagement ini bisa dengan mudah kamu lakukan di media sosial, nih.
Apalagi intensitas masyarakat di Indonesia yang banyak banget menggunakan media sosial, yang pastinya dapat membuka peluang besar untuk bisnismu meningkatkan brand engagement.
Keuntungan lainnya adalah konsumen dapat dengan mudah untuk memperoleh informasi tentang bisnis kamu dan berinteraksi secara langsung melalui komentar maupun direct message.
3. Membuat Brand Story yang Menarik
Buatlah cerita pendek yang menarik tentang brand kamu, dan usahakan untuk menyisipkan value, visi-misi ataupun kisah-kisah yang dapat menginspirasi calon konsumen kamu.
Nah, dengan ini, kamu bisa menciptakan ikatan emosional yang mendalam dengan konsumen kamu, nih!
4. Membuat Konten
Kalo kamu sudah membuat akun media sosial untuk bisnis kamu, hal yang selanjutnya kamu harus lakukan tentunya memanfaatkan inbound marketing dengan cara membuat konten.
Konten ini juga bukan sembarang konten, karena kamu sudah menentukan target audiens kamu dan memahami secara terperinci tentang mereka, buatlah konten-konten yang relevan dari data yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.
Nah, konten-konten ini bisa jadi sarana buat konsumen untuk berinteraksi dengan bisnis kamu karena mereka bisa berkomentar dan memberikan feedback atau tanggapan mereka.
Oh iya, satu hal lagi. Selain konten-konten yang relevan, kamu juga harus buat konten-konten yang informatif dan bermanfaat untuk audiens kamu!
5. Utamakan Autentisitas
Jadilah brand yang unik serta autentik untuk konsumen kamu, yang dapat menjadi pembeda antara brand kamu dengan kompetitor.
Kamu bisa menentukan brand voice, brand identity dan elemen-elemen lain yang dapat membuat brand kamu terlihat untuk dan berbeda dimata konsumen.
Baca Juga: “Elemen dalam Brand Message yang Wajib Kamu Tahu!“
6. Meningkatkan Customer Service
Konten yang menarik dan juga original aja gak cukup untuk membangun brand engagement.
Tingkatkan juga customer service dari bisnis kamu, dengan cara menjawab setiap pertanyaan konsumen terhadap produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan.
Customer service yang baik akan mengakibatkan pengalaman yang baik dan juga positif yang dirasakan oleh konsumen.
Nah, dengan ini konsumen akan lebih merasa didengarkan dan dihargai yang berdampak dengan meningkatnya loyalitas pelanggan terhadap bisnis kamu.
7. Konsisten
Yang terakhir adalah konsisten. Konsisten yang dimaksud adalah tetap menjaga kualitas serta konten-konten yang relevan yang kamu buat diberbagai kanal digital dari bisnis kamu.
Konsumen akan cenderung susah untuk percaya pada bisnis yang akun media sosialnya jarang aktif dan jarang mem-posting konten-konten baru.
Selain itu, dalam menjawab segala pertanyaan ataupun kritik dan saran dari konsumen juga harus konsisten, agar konsumen tetap merasa dihargai.
Nah! Itu dia cara meningkatkan brand engagement yang sudah MinMom rangkum khusus untuk kamu!
Nah, kalo kamu gak yakin untuk meningkatkan brand engagement bisnismu, kayanya kamu butuh branding consultant yang dapat membantu kamu melakukan segala proses branding untuk bisnismu, deh!
Jangan bingung-bingung, ada Build Momentum branding agency Jakarta yang bisa bantu semua proses branding bisnismu!
Kita bisa membantu kamu membuat identitas brand dengan jasa brand identity yang kita punya. Sampai jasa konsultan branding yang bisa bantu kamu melakukan brand audit.
Selain itu, dengan menggunakan jasa digital marketing dari Build Momentum, kamu juga akan lebih mudah mengelola media sosial dari bisnismu, nih!