Cara Menghindari Brand Dilution untuk Bisnis Kamu!
Apa itu brand dilution dan bagaimana cara untuk menghindari brand dilution buat bisnis kamu? Simak penjelasan lengkapnya disini!
Untuk kamu business owners, brand dilution adalah salah satu hal yang harus kamu hindari dalam membangun brand.
Seperti yang sudah banyak MinMom jelaskan di artikel-artikel kita sebelumnya, inovasi dan pengembangan produk memang penting banget untuk sebuah bisnis.
Tapi, hal ini juga bisa berdampak buruk lho untuk bisnis kamu, terutama kalau pengembangan tersebut cenderung gak wajar dan berlebihan.
Nah, di artikel Build Momentum kali ini, kita akan coba membahas secara lengkap tentang brand dilution dan gimana cara menghindarinya.
Simak penjelasan lengkap yang sudah MinMom rangkum khusus untuk kamu!
Table of Contents
ToggleApa itu Brand Dilution?
Dilansir dari Hubspot, brand dilution adalah penurunan, atau hilangnya ekuitas sebuah merek karena produk baru yang diluncurkan ternyata tidak sukses.
Peluncuran produk baru tersebut memang memiliki niat untuk memperluas atau mengembangkan merek tersebut.
Tapi, pengembangan yang gak wajar dan cenderung berlebihan justru akan menghilangkan value utama dari brand kamu.
Nah, biasanya, brand-brand yang mengalami brand dilution ini meluncurkan produk yang tidak sesuai dengan nilai dari merek tersebut atau jauh dari produk utama merek tersebut dan coba untuk merangkul target pasar yang berbeda dari target utamanya.
Contohnya, ada brand makanan cepat saji yang mau memperluas jangkauan pasarnya dan memutuskan untuk membuat produk kesehatan.
Hal ini bisa membuat konsumen dan masyarakat bingung karena produk yang diluncurkan gak sama sekali relevan dengan apa yang dikenal masyarakat sebelumnya.
Baca Juga: “Intip 5 Logo Termahal di Dunia!“
Penyebab Brand Dilution
Salah satu penyebab utama terjadinya brand dilution adalah kepercayaan diri dari si business owner yang berlebihan.
Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya brand dilution ini, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!
1. Kualitas Produk yang Buruk
Hal pertama adalah membuat produk baru dengan kualitas yang buruk.
Sebagaimana yang kita tahu, produk dengan kualitas yang baik adalah salah satu cara untuk menjaga persepsi yang baik dari konsumen terhadap brand kita.
Nah, ketika produk baru yang dibuat ternyata tidak memiliki kualitas yang baik, maka brand dilution pun bisa terjadi.
2. Produk yang Tidak Terkait dengan Brand
Yang selanjutnya adalah produk yang gak sesuai dengan brand kamu itu sendiri.
Seperti yang sudah MinMom jelasin diatas, produk yang tidak sesuai dengan benang merah brand kamu akan membuat konsumen kamu kebingungan.
Selain itu, konsumen juga pasti akan langsung skeptis dengan kualitas produk baru yang brand kamu tawarkan tersebut.
Dampaknya, persepsi positif masyarakat yang sudah kamu bangun susah payah akan brand kamu pun akan memudar.
Dan nilai-nilai brand yang sudah kamu junjung pun akan hilang.
Contohnya, perusahaan motor terkenal Harley-Davidson pernah mencoba membuat produk parfum sendiri.
Hal ini jelas membuat konsumen kebingungan, karena sebagaimana yang kita tahu, Harley-Davidson adalah perusahaan motor dan produk parfum adalah hal yang sangat jauh berbeda dari brand image dari Harley-Davidson itu sendiri.
Hasilnya, produk tersebut pun gagal, dan tidak mendapatkan kesuksesan financial untuk Harley-Davidson.
3. Eksperimen dan Inovasi yang Berlebihan
Yang terakhir adalah melakukan eksperimen dan inovasi yang berlebihan terhadap produk dari bisnis kamu.
Hal ini juga bisa membuat konsumen kebingungan apalagi kalau eksperimen tersebut jauh dari nilai-nilai bisnis kamu.
Sebagai contoh, pada sekitar tahun 2008 lalu Gibson sebagai perusahaan gitar terkenal melakukan eksperimen dan inovasi terhadap produk gitarnya.
Dengan memasukan beberapa unsur modern seperti automatic robot tuner yang hasilnya gak disukai oleh penggunanya.
Baca Juga: “6 Tips dan Cara Mengembangkan Brand Voice Perusahaan“
Cara Menghindari Brand Dilution
Nah, setelah mengetahui penjelasan serta penyebab brand dilution, berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya brand dilution terhadap bisnis kamu.
1. Kenalkan Produk Kamu Secara Perlahan
Seperti yang kita ketahui, inovasi adalah hal yang harus terus dilakukan supaya sebuah brand tetap relevan di pasar.
Namun, kalau kamu mau mengenalkan suatu produk baru, ada baiknya perkenalkan secara hati-hati dan perlahan.
Gunakan strategi yang tepat untuk produk baru dari bisnis kamu, dari mulai pengembangan produk tersebut sampai proses pengenalannya ke audiens kamu.
2. Tetap Konsisten Pada Value Bisnis Kamu
Yang kedua adalah tetap berpegang teguh ke value dari bisnis kamu dalam mengembangkan produk baru.
Tiap brand pasti memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing di mata konsumen.
Nah, dengan tetap berpegang teguh pada prinsip dari awal dan membuat produk yang tidak melenceng jauh dari visi dan misi awal bisnis kamu, terjadinya brand dilution bisa kamu hindari.
3. Fokus Pada Kualitas Produk
Brand dilution bisa terjadi karena kualitas produk yang buruk seperti yang sudah MinMom jelasin diatas.
Jadi, menjaga produk kamu agar mempunyai kualitas yang baik adalah hal yang harus kamu lakukan untuk menghindari terjadinya brand dilution.
Utamakan kualitas dibanding kuantitas, jadi kamu gak perlu mencoba untuk membuat berbagai macam produk untuk menjangkau berbagai target pasar.
4. Komunikasikan Brand dengan Jelas
Masih berkaitan dengan poin nomor dua yang MinMom jelasin diatas, hal yang selanjutnya adalah mengkomunikasikan pesan, value, serta visi dan misi brand kamu secara jelas.
Entah itu dari platform digital seperti sosial media, website ataupun platform-platform lainnya.
Hal ini bertujuan agar pesan dan visi misi bisnis kamu dapat tersampaikan ke audiens dengan jelas.
Nah, itu dia penjelasan tentang apa itu brand dilution dan juga penyebab serta cara untuk menghindari brand dilution.
Tapi ada satu hal lagi yang bisa kamu lakukan untuk menghindari brand dilution itu, yaitu dengan memilih branding agency dan juga branding consultant yang paham akan brand kamu.
Nah, kalo kamu bisa memakai jasa branding dari Build Momentum nih yang bisa membantu kamu menghindari hal tersebut!
Selain itu, kita juga bisa lho untuk membantu kamu membuat identitas merek lewat jasa brand identity yang kami punya.Selain membuat bisnis kamu dikenal, kami juga bisa membantu bisnis kamu meraup revenue yang lebih besar!