10 Cara Membangun Digital Branding untuk Bisnis
Bagaimana cara membangun digital branding yang kuat untuk bisnis kamu? Cek tips yang sudah MinMom rangkum khusus untuk kamu!
Di era digital seperti sekarang ini, digital branding adalah salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan bagi sebuah bisnis.
Apalagi dengan banyaknya bisnis yang sudah memasuki ranah digital yang membuat persaingan juga jauh lebih ketat.
Nah, dengan adanya digital branding ini, kamu bisa stand out dan mudah untuk dikenal oleh audiens kamu di ranah digital, nih.
Jadi, bagaimana cara membangun digital branding untuk bisnismu? Simak penjelasannya dibawah ini!
Table of Contents
ToggleCara Membangun Digital Branding Untuk Bisnis
Sebelum memasuki topik utama kita, mari kita kupas sedikit tentang apa itu digital branding.
Digital branding adalah sebuah strategi untuk membangun dan memperkuat citra dari brand atau merek kamu dalam skala digital.
Dan seperti yang sudah MinMom jelasin diatas, digital branding ini berguna sebagai pembeda bisnismu dengan kompetitor.
Nah, dengan digital branding yang kuat, diharapkan bisnismu akan lebih mudah untuk dikenali oleh audiens yang akhirnya meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan.
Digital branding ini juga hal yang penting banget untuk dimiliki oleh setiap bisnis, lho.
Karena sebagaimana yang kita tahu, hampir semua orang sudah memanfaatkan internet untuk berkomunikasi dan memenuhi banyak kebutuhannya.
Ini berarti, kans kamu untuk dikenal di ranah digital pun besar banget yang mana artinya juga persaingan akan lebih ketat.
Jadi, dengan digital branding yang kuat juga, kamu bisa lebih stand out di banding kompetitor pasar kamu.
Nah, udah tau penjelasan singkatnya, mari kita masuk ke topik utama pembahasan kita!
1. Menggunakan Media Sosial
Siapa sih yang gak mempunyai media sosial? Setiap orang pasti memiliki media sosial, entah itu untuk berkomunikasi ataupun mencari info-info terkini.
Dilansir dari Databoks, pengguna aktif media sosial di Indonesia pada tahun 2024 mencapai 167 juta pengguna, lho! Atau sekitar 64,3% dari populasi.
Nah, dengan alasan tersebut, kans kamu untuk lebih dikenali dari media sosial pun pastinya juga cukup besar, nih.
Maka dari itu, langkah pertama untuk membangun digital branding yang kuat adalah dengan memaksimalkan penggunaan media sosial untuk bisnis kamu.
2. Membuat Situs Web
Yang selanjutnya adalah membuat situs web untuk bisnis kamu.
Nah, pembuatan situs web ini gak hanya untuk branding, lho. Tapi juga untuk memudahkan audiens yang mau lebih tau tentang produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan.
Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah meningkatkan visibilitas merek kamu di mesin pencari seperti Google, dengan memanfaatkan SEO.
Sedikit tips dari MinMom, kamu bisa mulai membangun website dengan “mencontek” dari kompetitor yang coba menambahkan apa yang kurang dari situs web mereka.
3. SEO
Masih menyambung dari pembahasan di atas tentang situs web, langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization).
Dengan menerapkan strategi-strategi SEO seperti pembuatan blog atau artikel yang relevan dengan bisnis kamu, diharapkan visibilitas situs web kamu di mesin pencari Google akan meningkat.
Dampaknya bisnis kamu akan lebih dikenal dan artikel-artikel yang relevan tersebut akan meningkatkan kredibilitas bisnis kamu oleh pelanggan potensial kamu.
4. Content Marketing
Nah, selanjutnya adalah dengan memanfaatkan content marketing untuk membangun digital branding.
Kurang lebih mirip dengan poin sebelumnya yang MinMom udah jelaskan ke kamu, content marketing berguna untuk menarik perhatian calon pelanggan potensial menggunakan konten-konten yang relevan dengan bisnis kamu.
Selain artikel di website, kamu bisa juga menggunakan media sosial untuk membuat konten-konten tersebut, nih.
Seperti membuat konten di Instagram, TikTok, YouTube dan lain sebagainya.
Selain untuk menarik perhatian konsumen, content marketing juga berguna untuk membangun interaksi antara bisnis kamu dan juga konsumen.
Seperti yang kita tahu, interaksi ini penting banget dalam proses branding, karena dengan hubungan emosional yang kuat antara merek dan konsumen, pastinya akan meningkatkan loyalitas serta kepercayaan konsumen terhadap merek kamu.
5. Influencer Marketing
Cara membangun digital branding untuk bisnis yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan influencer marketing.
Influencer marketing sendiri adalah bentuk pemasaran dengan menggunakan orang dengan jumlah pengikut di media sosial yang besar untuk membantu memperkenalkan bisnis kamu.
Nah, dengan menggunakan influencer marketing ini, bisnis kamu diharapkan dapat lebih dikenal oleh konsumen.
Biasanya ada beberapa jenis influencer yang bisa kamu pilih, dari mulai influencer mikro (jumlah pengikut kurang lebih 10,000 orang), sampai yang premium dengan jumlah followers lebih dari 100,000 orang.
Sedikit tips dari MinMom, nih, terlepas dari jenis influencer yang kamu pilih, pilihlah influencer yang relevan dengan target pasar yang kamu tuju dan juga memiliki audiens yang relevan juga dengan bisnis kamu.
7. Membuat Brand Message yang Menarik
Brand message adalah cara suatu merek untuk menyampaikan pesan berupa pengertian dan juga informasi dari merek tersebut kepada target audiens.
Pesan-pesannya termasuk identitas, value dari bisnis, visi dan misi dan lain sebagainya.
Nah, brand message ini bertujuan untuk menarik perhatian serta meyakinkan konsumen akan brand kamu.
Di ranah digital sendiri, kamu dapat menerapkannya dengan membuat artikel, menuliskan deskripsi produk yang menarik, serta membuat konten-konten lainnya.
8. Memanfaatkan Online Ads
Selain cara-cara diatas, kamu juga bisa memanfaatkan fitur ads atau iklan yang ada di media sosial, ataupun mesin pencari seperti Google.
Kelebihan dari online ads ini adalah kamu dapat personalisasi iklan kamu, dari mulai target audiens nya, sampai kata kunci yang relevan untuk bisnis kamu.
9. Membuat Press Release
Cara membangun digital branding yang kuat untuk bisnis kamu yang selanjutnya adalah dengan membuat press release.
Nah, dengan membuat press release yang berkualitas, brand kamu akan masuk ke tren pemberitaan di Google, nih.
Apalagi dengan kecenderungan masyarakat yang banyak membaca berita di internet.
Nah, dari situ, produk kamu bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat dan citra dari brand kamu pun akan lebih positif.
10. Memberi Respon Secara Cepat dan Tepat
Nah, yang terakhir adalah memberi respon secara cepat dan tepat setiap ada konsumen yang menanyakan sesuatu terkait produk ataupun jasa dari bisnis kamu.
Selain hal-hal yang bersifat teknikal diatas, hal ini juga penting untuk membangun citra positif terkait brand kamu.
Nah, kamu bisa menggunakan chatbot untuk memastikan setiap pertanyaan konsumen dapat dijawab secara cepat dan juga tepat.
Itu dia 10 cara membangun digital branding ala Build Momentum yang sudah kita rangkum khusus untuk kamu!
Nah, kalo kamu gak yakin dalam strategi digital branding untuk bisnismu, kayanya kamu butuh branding consultant yang dapat membantu kamu melakukan segala proses branding untuk bisnismu, deh!
Jangan bingung-bingung, ada Build Momentum branding agency Jakarta yang bisa bantu semua proses branding bisnismu!
Kita bisa membantu kamu membuat identitas brand dengan jasa brand identity yang kita punya. Sampai jasa konsultan branding yang bisa bantu kamu melakukan digital branding.
Selain itu, dengan menggunakan jasa digital marketing dari Build Momentum, kamu juga akan lebih mudah mengelola media sosial dari bisnismu, nih!