13 Cara Branding Produk Yang Tepat dan Efektif
Cara branding produk yang tepat dan efektif meliputi 13 cara yang wajib kamu coba!
Kita semua tahu, dengan branding, kamu bisa mendapatkan loyalitas dan juga kepercayaan konsumen terhadap bisnis kamu.
Tapi mungkin banyak dari kamu yang masih bingung dan belum tahu gimana cara branding produk yang tepat dan efektif.
Nah, tenang aja, MinMom udah rangkum 13 cara yang wajib kamu coba supaya produk atau jasa kamu bisa menjadi top-of-mind brand yang langsung jadi pilihan bagi audiens kamu!
Yuk, simak ulasan yang udah MinMom rangkum dibawah ini!
Table of Contents
ToggleCara Branding Produk Yang Tepat dan Efektif
1. Tampilkan Identitas yang Profesional dan Menarik
Dengan menampilkan logo yang profesional akan memudahkan kamu untuk mendapatkan kepercayaan dan juga membangun branding dari bisnis kamu.
Logo adalah representasi dari bisnis kamu sendiri, identitas dari bisnis kamu pasti gak mau terkesan asal-asalan, kan?
Selain itu, logo juga bisa menjadi sarana untuk kamu untuk menampilkan pesan dan juga value dari bisnis kamu.
Lihat aja brand-brand seperti Apple, Google, Nike. Selain logonya yang eye catchy, logo-logo dari brand tersebut juga unik dan juga profesional dengan arti yang deep.
Nah, kamu bisa mengambil contoh dari brand tersebut, nih!
Ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan dalam pembuatan logo di produk kamu, nih MinMom kasih bocorannya untuk kamu!
- Warna: Gunakan warna yang tepat dan tidak terlalu mencolok yang merepresentasikan bisnis kamu.
- Unik: Tampilkan logo yang simpel, mudah diingat, namun tetap unik.
- Placement: Gunakan logo di setiap produk kamu, selain untuk identitas dari produk itu sendiri, ini juga bisa menjadi sarana promosi, lho!
- Konsisten: Selain menempatkan logo di produk, kamu juga harus menempatkan logo di setiap platform digital dan semua materi promosi kamu.
- Gunakan Jasa Pembuatan Logo: Hal terakhir yang gak kalah penting adalah penggunaan jasa pembuatan logo, dengan ini kamu bisa yakin dengan hasil yang profesional. Jangan lupa untuk memberikan brief yang jelas supaya logo kamu dapat merepresentasikan value dan juga identitas dari bisnis kamu dengan sejelas-jelasnya.
Nah, kalo kamu bingung untuk nyari jasa branding design, langsung aja ke Build Momentum supaya logo kamu akan terlihat lebih profesional.
2. Tentukan Nama Produk Yang Unik
Selain logo, kamu juga harus menentukan nama yang unik dari produk kamu, supaya bisa menjadi daya tarik yang bikin konsumen kamu dengan mudah mengingat produk kamu.
Dengan nama produk yang unik dan juga mudah di ingat, di jamin deh proses branding produk kamu akan berjalan dengan lancar.
Nih, MinMom kasih beberapa tipsnya khusus untuk kamu!
- Sesuaikan Nama Produk: Jangan kasih nama produk yang gak sesuai dengan karakteristik produk kamu. Selain itu, kasihlah nama untuk produk yang juga sejalan dengan nilai-nilai dari produk tersebut terlebih bisnis kamu secara keseluruhan.
- Mudah Diingat: Tips selanjutnya adalah memberikan nama produk yang mudah diingat. Kamu juga harus menghindari nama produk yang sulit untuk diucapkan yang dapat membuat konsumen kamu bingung!
- Singkat: Untuk nama produk, MinMom saranin kamu untuk cari nama yang singkat namun kuat, dibanding nama produk yang terlalu panjang yang bikin konsumen susah buat mengingat nama produk kamu!
- Berkesan: Setelah itu, kamu juga harus menentukan nama produk yang berkesan. Gak cuma sekedar berkesan, tapi juga yang merepresentasikan identitas dari bisnis kamu.
Baca Juga: “Tips Memilih Nama Brand Yang Kamu Harus Tahu!“
3. Slogan
“Just Do It!”, “I’m Lovin’ It”, “Think Different”. Kamu pasti pernah dengar kan slogan-slogan yang barusan MinMom kasih buat kamu?
Nah! Cara branding produk yang tepat dan efektif selanjutnya adalah memberikan slogan atau tagline terhadap produk kamu!
Dengan slogan yang menarik, kamu bisa memperkuat daya tarik dari produk yang kamu tawarkan, nih!
Selain itu, tagline juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, lho!
Ada beberapa trik untuk membuat slogan yang keren untuk produk kamu, apa aja sih? Nih MinMom bocorin khusus buat kamu, deh!
- Singkat: Sama seperti nama produk, tagline juga gak perlu panjang-panjang, nih. Buatlah slogan yang padat, mudah diingat dan juga singkat.
- Gambarkan Produk: Selain itu, slogan kamu juga harus bisa menggambarkan produk kamu. Contohnya slogan “apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro” slogan tersebut menggambarkan dan mengajak konsumen untuk meminum Teh Botol Sosro di berbagai kesempatan apapun makanannya.
- Pemilihan Kata: Kata-kata yang kuat dan juga positif juga harus kamu terapkan saat menentukan tagline buat produk kamu. Selain itu, gunakan kata yang mudah dipahami, ya!
- Sesuaikan Dengan Target: Hal terakhir yang harus kamu pertimbangkan dalam membuat slogan adalah menyesuaikannya dengan target konsumen kamu dalam pemilihan kata.
4. Gunakan Kemasan Yang Menarik
Logo dan desain yang menarik ternyata gak cukup untuk membangun branding produk yang tepat dan juga efisien, nih.
Gunakan kemasan yang menarik dan juga unik supaya produk kamu bisa stand out dibanding dengan kompetitor kamu.
Nah, kemasan yang menarik dapat meningkatkan nilai dan juga harga jual dari produk kamu, nih.
Selain itu, kemasan atau packaging produk ini juga dapat membuat produk kamu terlihat profesional, yang pada akhirnya akan meningkatkan keyakinan audiens untuk membelinya.
Ini tips untuk membuat packaging produk dari MinMom:
- Sesuaikan Dengan Produknya: Sesuaikan kemasan produk dengan karakteristik serta jenis produknya.
- Keamanan: Pertimbangkan juga aspek keamanan produk dalam membuat kemasan produk.
- Praktis: Utamakan kemudahan pelanggan dalam meng-handle kemasan produk kamu. Jangan buat kemasan produk yang terlalu rumit yang akhirnya akan menyusahkan pelanggan nantinya.
- Informatif: Sisipkan informasi-informasi terkait produk kamu, seperti bahan pembuatan, tanggal kadaluarsa, tanggal pembuatan, dan yang lainnya.
- Sisipkan Identitas Brand: Logo, nama dari brand kamu juga jangan lupa untuk kamu sisipkan di produk kamu, ya!
- Desain: Tentukanlah desain kemasan yang menarik dan juga mempunyai nilai visual yang tinggi yang juga sejalan dengan value dari brand kamu itu sendiri.
Baca Juga: “7 Fungsi Kemasan Produk yang Kamu Harus Tahu!“
5. Gunakan Situs Web
Salah satu cara untuk memaksimalkan branding dari produk adalah menggunakan website sebagai medianya.
Dengan mengandalkan situs web yang berhubungan dengan brand kamu, kamu bisa memberikan informasi, melakukan promosi sampai berinteraksi dengan konsumen kamu terkait dengan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.
Selain itu, jangkauan situs web yang luas juga bisa kamu andalkan untuk menjangkau konsumen-konsumen di luar daerah kamu.
Baca Juga: “Brand Identity Adalah: Penjelasan Lengkap Tentang Brand Identity“
6. Manfaatkan Sosial Media
Sekarang ini, pasti semua mempunyai akun sosial media. Hal ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapat berbagai keuntungan untuk bisnis kamu.
Nah, dengan sosial media, kamu bisa memperluas jangkauan pasar kamu dan menentukan target dari konsumen kamu, nih.
Hal-hal seperti usia, jenis kelamin, lokasi bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam mengembangkan strategi branding kamu.
Caranya, kamu bisa menggunakan konten-konten yang menarik dan juga efektif untuk menarik minat mereka, kamu juga bisa menggunakan fitur ads atau iklan pada sosial media untuk menjangkau lebih jauh lagi konsumen-konsumen kamu.
Nah, memanfaatkan sosial media sebagai media branding kamu memang gak mudah, tapi kamu bisa pakai jasa dari Build Momentum yang bisa membantu kamu untuk melakukan branding di sosial media, nih!
7. Tingkatkan Kualitas dari Produk Kamu
Hal yang gak boleh dilupakan dalam strategi branding untuk produk adalah meningkatkan kualitas dari produk itu sendiri.
Konsumen pastinya akan memilih produk-produk yang udah terbukti memiliki kualitas yang baik.
Dan dengan terus coba meningkatkan kualitas produk itu sendiri, kamu bisa mendapatkan words of mouth yang akhirnya akan memudahkan kamu dalam proses branding itu sendiri.
Gimana sih caranya untuk meningkatkan kualitas produk kamu? Berikut tipsnya!
- Riset Kompetitor: Hal yang pertama bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas dari produk kamu adalah melakukan riset terhadap produk-produk dari kompetitor. Dengan ini, kamu bisa menemukan celah yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat produk dari brand kamu lebih stand out dari kompetitor kamu.
- Quality Control: Hal yang selanjutnya adalah melakukan peninjauan terhadap kualitas produk kamu. Dari mulai pemilihan bahan baku, sampai proses produksi.
- Kualitas Kemasan: Nah, yang ini juga gak boleh ketinggalan. Bagi konsumen, hal pertama yang mereka lihat adalah kemasan produknya. Makanya, dengan menggunakan kemasan produk dengan kualitas yang baik dan desain yang menarik pasti akan meningkatkan kepercayaan konsumen kamu.
- Konsistensi: Hal yang terakhir adalah konsistensi. Terus coba untuk improve produk kamu dan terus untuk mempertahankan kualitas yang udah terstandarisasi untuk mencegah adanya cacat produk yang bisa berakhir ke komplain konsumen kamu.
8. Adakan Promo Yang Menarik
Nah, ini adalah salah satu hal yang konsumen pasti pada suka.
Dengan adanya promo yang menarik seperti diskon, buy one get one, dan masih banyak lagi, potensi konsumen untuk mengenal dan membeli produk kamu juga akan lebih besar, nih.
Tapi ingat, melakukan promo bukan berarti menurunkan value dari produk kamu, ya!
Buatlah promosi yang tepat dan juga sesuai dengan karakteristik produk kamu namun tetap menguntungkan bagi konsumen kamu.
Jangan lupa juga untuk menampilkan identitas-identitas dari brand kamu selama melakukan promosi. Sepeti logo, merek, dan tagline.
9. Manfaatkan Content Marketing
Masih berhubungan dengan penggunaan situs web dan juga media sosial, cara branding produk selanjutnya adalah dengan memanfaatkan content marketing.
Buatlah konten-konten yang relevan, informatif dan yang pasti bermanfaat bagi konsumen dalam radar target pasar kamu.
Konten-konten tersebut bisa banyak hal, seperti artikel pada blog, video tutorial penggunaan produk kamu di Instagram reels ataupun TikTok.
Nah, konten-konten tersebut bisa membantu konsumen untuk lebih memahami produk kamu dan mengatasi masalah yang konsumen kamu hadapi.
Selain itu, dengan menggunakan content marketing, ini juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan brand awareness juga, lho!
Baca Juga: “Apa Itu Content Marketing dan Apa Manfaatnya?“
10. Lakukan Kerjasama Mitra Bisnis
Salah satu cara branding produk yang tepat dan efektif adalah dengan melakukan kerjasama dengan mitra bisnis.
Tapi, kamu harus teliti dan juga berhati-hati dalam memilih mitra yang nantinya akan menjadi rekan bisnis kamu, ya!
Ada beberapa tips yang bisa MinMom kasih dalam memilih mitra bisnis, yuk cek langsung!
- Kredibilitas: Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih mitra bisnis yang memiliki kredibilitas yang tinggi dan juga identitas yang jelas.
- Win-Win-Solution: Pastikan kerjasama antara kamu dan mitra bisnis kamu bersifat saling menguntungkan.
- Relevansi: Hal terakhir adalah relevansi. Pastikan mencari mitra yang sejalan sama bisnis yang kamu jalankan. Sebagai contoh, kalau kamu menjual baju, carilah mitra bisnis yang menjual celana.
11. Manfaatkan Testimoni
Hal yang selanjutnya adalah memanfaatkan testimoni pelanggan terhadap produk kamu.
Testimoni pelanggan-pelanggan yang puas dan merasa senang setelah membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis kamu juga bisa kamu untuk branding, lho!
Dengan membagikan testimoni tersebut di platform digital brand kamu, ini dapat membantu kamu untuk membangun kredibilitas dan juga meningkatkan kepercayaan calon konsumen kamu dalam memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan, nih.
12. Konsistensi Terhadap Semua Elemen Branding
Konsumen akan cenderung melihat penggunaan logo dan visual yang konsisten sebagai bentuk profesionalisme dari brand kamu.
Jadi, gunakanlah elemen-elemen branding seperti logo, warna, dan juga jenis font secara konsisten di semua platform seperti media sosial, situs web, sampai ke kemasan produk kamu.
Nah, dengan menerapkan ini, kepercayaan konsumen terhadap produk kamu pun akan terus meningkat yang akan memberikan dampak positif terhadap revenue dari brand kamu!
13. Lakukan Inovasi
Kamu ingat Nokia yang sempat booming awal 2000an lalu? Menurunnya taring dari Nokia ini gak lain gak bukan salah satunya adalah karena kurangnya inovasi, lho!
Jadi, setelah kamu menerapkan semua cara branding produk diatas, hal terakhir yang tetap harus kamu lakukan adalah melakukan inovasi.
Dengan inovasi yang terus-menerus, brand kamu akan terus relevan dan konsumen pun gak akan merasa jenuh dengan produk-produk kamu.
Nih, MinMom kasih caranya!
- Riset: Terus lakukan riset pasar untuk mengetahui perkembangan dan kemauan dari konsumen kamu.
- Ciptakan Produk Baru: Jangan melulu terpaku pada produk yang sudah ada, terus inovasi dengan menciptakan ide-ide dan juga produk baru agar brand kamu tetap fresh dan juga relevan.
- Uji Coba: Setelah itu, kamu juga bisa melakukan uji coba dan lihat reaksi konsumen kamu terhadap produk kamu.
Nah, itulah 13 cara branding produk yang tepat dan juga efektif untuk meningkatkan brand awareness produk kamu di mata konsumen!
Kalo kamu bingung dalam menjalankan itu semua, tenang aja! Kamu bisa pakai jasa branding dari Build Momentum yang bisa membantu kamu mewujudkan brand yang top-of-mind di mata konsumen!