10 Branding Elements
10 Branding elements yang harus kamu perhatikan saat memulai membangun bisnis!
Kalo kamu ingin membangun sebuah bisnis, branding adalah hal krusial yang tidak bisa kamu anggap remeh.
Dengan menerapkan strategi branding untuk bisnis kamu, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan eksposur, nih.
Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah untuk stand out diantara kompetitor-kompetitor bisnis kamu.
Nah, kalau kamu ingin menerapkan strategi branding yang ciamik, kamu harus perhatikan 10 branding elements ini!
Table of Contents
ToggleBranding Element Paling Penting
Kamu harus mempersiapkan 10 elemen branding ini untuk kamu jadikan patokan dari kegiatan branding untuk bisnis kamu.
Yuk kita ulas bareng-bareng!
1. Brand Identity
Yang pertama dan yang paling penting adalah menyiapkan identitas merek kamu.
Layaknya manusia, bisnis juga harus mempunyai identitas yang jelas agar konsumen dapat mengenali brand kamu.
Beberapa hal yang kamu perhatikan dalam membangun identitas merek untuk bisnis kamu adalah:
- Logo
- Nama
- Slogan
- Warna
- Suara
Baca juga artikel kita tentang brand identity yang lain!
2. Brand Image
Yang kedua adalah brand image atau citra merek.
Kalau citra merek ini adalah sebuah pemikiran atau gagasan bagaimana kamu ingin konsumen membayangkan brand kamu.
Apakah brand kamu ingin dikenal dengan brand yang eksklusif, mewah, murah dan sebagainya.
Baca juga!
- Brand Image Adalah: Penjelasan Mendalam Tentang Brand Image
- Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness
3. Brand Positioning
Branding element yang selanjutnya adalah brand positioning, yang berfungsi sebagai tempat dimana brand kamu berdiri.
Maksudnya adalah kamu menentukan dimana posisi brand kamu dilihat oleh konsumen, kompetitor, dan juga diri kamu sendiri.
- Brand Positioning Adalah: Jenis dan Manfaat Brand Positioning
- Intip 7 Tahapan Brand Positioning ala Build Momentum
- Hindari 5 Kesalahan ini dalam Membangun Brand Positioning!
4. Brand Personality
Brand personality adalah serangkaian karakteristik yang dikaitkan dengan nama brand kamu.
Nah, brand personality ini erat kaitannya untuk meningkatkan brand equity.
Brand personality adalah kepribadian yang dibangun oleh brand yang disesuaikan dengan target pasar yang sudah ditentukan.
Nah, kamu dapat menyampaikan brand personality yang sudah kamu tentukan lewat visual, tone of voice atau bahkan kebijakan layanan untuk konsumen kamu.
Ada 5 tipe utama brand personality yang biasanya digunakan, antara lain:
- Excitement
- Sincerity
- Ruggedness
- Competence
- Sophistication
5. Brand Equity
Brand equity atau ekuitas merek adalah nilai lebih yang bisa bisnis kamu tawarkan ke konsumen kamu dibandingkan dengan kompetitor kamu.
Nah, ekuitas merek ini erat kaitannya dengan loyalitas pelanggan, karena brand equity ini juga banyak dipengaruhi oleh persepsi konsumen akan brand kamu.
- Apa Itu Brand Equity: Penjelasan dan Elemen Dalam Brand Equity
- 9 Strategi dan Cara Membangun Brand Equity
- Apa Itu Brand Equity: Penjelasan dan Elemen Dalam Brand Equity
6. Brand Experience
Brand experience, sesuai dengan namanya, adalah pengalaman yang didapatkan oleh konsumen saat berinteraksi dengan brand kamu.
Hal ini mencakup semua proses, dari proses pemilihan, pembelian hingga penggunaan produk atau jasamu.
7. Brand Differentiation
Brand differentiation adalah strategi yang dapat kamu gunakan untuk membedakan produk atau layanan yang brand kamu tawarkan dari pesaing di pasar.
Nah, brand differentiation ini bertujuan untuk menciptakan keunikan dan keistimewaan dari brand kamu dimata audiens.
Kamu dapat menerapkan brand differentiation ini dengan berbagai cara, contohnya:
- Melakukan inovasi produk
- Desain yang unik
- Memperhatikan kualitas
- Harga
- Customer service
- Value
8. Brand Communication
Brand communication adalah proses penyampaian pesan yang brand kamu lakukan kepada audiens dari brand kamu.
Nah, tujuan dari brand communication ini juga beragam, lho! Dari mulai membangun dan memperkuat brand image, meningkatkan awareness, serta membangun citra positif brand kamu di mata audiens.
Nah, bentuk komunikasi tersebut antara lain:
- Iklan
- Public Relation
- Konten
- Media Sosial
- Promosi
- dll
9. Brand Gap
Yang selanjutnya ada brand gap yang adalah perbedaan atau kesenjangan yang sebuah brand alami yang mencakup perbedaan antara apa yang konsumen persepsikan dan bagaimana brand tersebut sebenarnya mengidentifikasikan diri.
Nah simpelnya, brand gap ini mencakup perbedaan antara harapan atau persepsi konsumen terhadap merek dengan kenyataan yang ditawarkan oleh merek tersebut.
Ini adalah salah satu branding elements hal yang harus kamu minimalisir.
10. Brand Association
Yang terakhir adalah brand association yang merujuk pada segala sesuatu yang langsung atau tidak langsung terhubung dengan suatu merek dalam pikiran konsumen.
Itu dia 10 brand elements yang wajib kamu ketahui sebelum memulai strategi branding untuk bisnis kamu!