Brand Positioning Adalah: Jenis dan Manfaat Brand Positioning
Brand positioning adalah salah satu strategi branding yang harus kamu coba supaya bisnis kamu punya posisi yang menonjol di banding dengan kompetitor kamu!
Brand positioning bisa di bilang adalah salah satu fondasi untuk keseluruhan dari proses branding dari merek kamu.
Nah, buat kamu yang mau tau lebih tentang brand positioning, yuk kita ulas bareng-bareng artikel kita yang satu ini!
Table of Contents
ToggleBrand Positioning Adalah
Secara simpelnya, brand positioning adalah cara kamu untuk menunjukan nilai-nilai dan keunikan dari brand kamu yang menjadi pembeda antara brand kamu dengan kompetitor.
Nah, dengan kata lain brand positioning itu adalah strategi yang menentukan gimana cara kamu meyakinkan konsumen kamu kalau brand kamu itu lebih spesial dan juga lebih baik dari brand lain.
Selain itu, brand positioning juga penting supaya kamu bisa menjelaskan ke konsumen tentang manfaat yang bisa mereka dapatkan dari brand kamu.
Jadi, dengan membangun persepsi dan juga preferensi di benak konsumen kamu dengan brand positioning, kamu bisa secara langsung mendapatkan loyalitas dari konsumen kamu.
Hasilnya bisa menaikan brand awareness dari brand kamu yang akhirnya bisa menaikan revenue dari bisnis kamu.
“Baca Juga: Apa Itu Brand Activation? Apa Manfaat dan Jenis-jenisnya?“
Manfaat Brand Positioning
Selain yang pasti untuk menggaet konsumen, brand positioning juga punya banyak manfaat buat lain buat bisnis kamu.
Ini dia manfaat brand positioning untuk bisnis kamu:
- Membantu Menganalisa Kompetitor: Dengan memiliki brand positioning, kamu di dorong untuk menganalisa kompetitor kamu dan coba untuk mencari celah dimana brand kamu bisa menonjol di banding kompetitor.
- Membantu Menetapkan Harga Produk: Brand positioning yang baik bisa membantu kamu untuk menentukan harga dari produk kamu. Setelah kamu menjelaskan kualitas dari produk atau jasa kamu yang lebih baik daripada kompetitor, konsumen akan lebih percaya meskipun harga yang kamu tawarkan lebih tinggi.
- Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Dengan strategi brand positioning yang baik, kamu bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan untuk terus menggunakan produk atau jasa dari brand kamu.
Jenis-Jenis Brand Positioning
Ada beberapa jenis brand positioning yang bisa kamu pakai untuk membantu proses branding dari bisnis kamu.
Ini dia jenis-jenis brand positioning beserta penjelasannya!
1. Price-Based Positioning
Yang pertama ada price-based positioning. Dengan strategi ini kamu menempatkan produk atau jasa dari brand kamu sebagai opsi yang paling murah di pasar.
Caranya, kamu bisa menggunakan diskon, atau harga yang kompetitif di banding dengan kompetitor kamu.
Selain itu, kamu juga bisa membuat opsi produk atau jasa yang lebih budget-friendly di banding dengan produk-produk yang lainnya.
2. Quality-Based Positioning
Simpelnya, jenis brand positioning ini digunakan supaya brand kamu di kenal sebagai brand dengan kualitas produk atau jasa yang terbaik atau berkelas.
Dengan menawarkan produk-produk dengan bahan yang premium dan berkualitas tinggi, sering kali harga yang di patok pun juga harga yang premium.
3. Social Media Positioning
Di era digital sekarang, media sosial adalah salah satu cara paling jitu untuk membentuk citra untuk brand kamu.
Jadi, kamu bisa menggunakan media sosial untuk mengenalkan brand kamu, berinteraksi dengan target konsumen, dan membangun citra yang sesuai dengan nilai dari brand kamu dan juga minat audiens kamu.
Dengan aktif dan berpengaruh di media sosial, kamu bisa meningkatkan reputasi bisnis kamu dan menjangkau lebih banyak pelanggan
Tapi, kadang kamu pasti ragu soal branding dengan pendekatan media sosial, dan bingung harus mulai darimana.
Eits, kamu gak perlu khawatir, tim dari Build Momentum bisa banget membantu kamu dan juga bisnis kamu memaksimalkan sosial media sebagai platform untuk marketing brand kamu!
“Baca Juga: Apa Itu Brand Guideline dan Bagaimana Cara Membuatnya?“
4. Customer Service Positioning
Strategi ini bisa kamu pakai dengan memberikan kesan atau persepsi kalo brand kamu memiliki layanan konsumen yang terbaik.
Caranya bisa dengan memberikan after sales yang memuaskan atau menerima feedback dan juga masukan dari konsumen kamu.
Nah, dengan strategi ini kamu bisa mendapatkan loyalitas dari konsumen kamu.
5. Convenience-Based Positioning
Strategi ini membuat merek kamu dikenal sebagai yang paling gampang dan simpel untuk digunakan digunakan.
Kamu bisa menawarkan berbagai kemudahan seperti cara beli yang nggak ribet, pengiriman cepat, proses retur yang mudah, dan aplikasi ataupun website yang enak untuk dipakai.
Nah, kamu bisa menargetkan strategi ini ke konsumen yang sibuk yang mendahulukan kepraktisan dan juga efisiensi dalam berbelanja.
Nah itu dia semua yang bersangkutan dengan brand positioning dari mulai penjelasannya, manfaatnya sampai ke jenis-jenis strategi yang bisa kamu gunakan.
Brand positioning adalah hal yang krusial banget untuk keberlangsungan branding buat bisnis kamu, jadi merencanakannya pun harus dengan maksimal dan matang.
Eits, kamu gak perlu pusing-pusing kalo mau merencanakan strategi branding, karena ada Build Momentum yang siap untuk membantu kamu!
Kita akan bantu kamu untuk menjadikan bisnis kamu bisnis yang digitally profitable dengan berbagai strategi digital marketing yang pasti ciamik!
Yuk, join newletter kita dengan isi email kamu di box di bawah ini ya!
Newsletter Form
"*" indicates required fields