Brand Monitoring: Penjelasan, Manfaat dan Tools yang Digunakan
Brand monitoring? Apa sih itu? Mari simak penjelasan lengkap yang udah MinMom rangkum khusus untuk kamu!
Untuk kamu business owners yang sedang membangun branding, kamu wajib tahu tentang brand monitoring ini.
Karena, dengan brand monitoring, kamu bisa tahu posisi dan juga reputasi brand kamu di pasar dan juga di mata konsumen kamu.
Nah, mari kita simak penjelasan lengkap tentang serba-serbi brand monitoring!
Table of Contents
ToggleApa itu Brand Monitoring?
Brand monitoring atau pemantauan merek adalah suatu proses analisis bisnis yang berfokus untuk menjaga atau meningkatkan reputasi bisnis atau suatu perusahaan.
Pemantauan ini dilakukan di berbagai platform pemasaran, bisa dari media sosial, situs web, hingga media cetak.
Nah, meskipun banyak banget kegunaannya, hal ini kadang masih sering dilupakan oleh para marketer.
Padahal dengan memantau performa merek, kamu bisa memahami apa pendapat dan juga citra yang muncul di benak konsumen terhadap brand kamu.
Selain itu, kamu juga bisa mengidentifikasi reputasi dari merek kamu, sehingga kamu bisa menentukan strategi-strategi lanjutan untuk memperbaiki atau mempertahankan reputasi bisnis kamu.
Baca Juga: “4 Tingkatan Brand Awareness“
Manfaat Brand Monitoring
1. Memahami Sentimen Publik Terhadap Brand Kamu
Dengan melakukan brand monitoring kamu bisa mengidentifikasi sentimen publik terhadap brand kamu, nih.
Nah, semakin baik sentimen publik terhadap brand kamu, otomatis reputasi dari brand kamu juga akan semakin baik.
Kamu bisa menganalisis sentimen tersebut salah satunya berdasarkan bahasa yang masyarakat gunakan saat memberikan komentar terhadap brand kamu.
2. Menjaga Reputasi
Selain itu, brand monitoring juga dapat kamu gunakan untuk menjaga reputasi bisnis kamu.
Hal ini penting banget, karena dengan reputasi bisnis yang baik otomatis loyalitas konsumen juga pasti akan terjaga.
3. Berinteraksi Dengan Audiens
Kamu juga bisa meningkatkan interaksi dengan audiens kamu dengan melakukan brand monitoring, lho!
Kalau kamu dapat mengidentifikasi dimana platform yang paling sering membicarakan brand kamu, maka kamu akan lebih mudah untuk memberikan tanggapan.
Nah, interaksi ini penting banget untuk membangun hubungan dengan konsumen kamu.
Selain itu, kamu dan tim juga pasti akan lebih mudah untuk menjawab jika ada pelanggan yang mengalami kesulitan saat memakai produk atau layanan kamu.
4. Mengidentifikasi USG (User Generated Content)
Seperti yang kita tahu, USG adalah salah satu strategi content marketing yang terbukti ampuh untuk menarik pelanggan.
Nah, dengan memantau merek, kamu bisa tahu siapa saja yang membagikan konten tentang brand kamu di media sosial.
Nah, konten-konten tersebut bisa kamu jadikan testimoni untuk menjadikan brand kamu lebih kredibel dan menarik lebih banyak lagi pelanggan.
Baca Juga: “Apa Itu Brand Guideline dan Bagaimana Cara Membuatnya?”
Brand Monitoring Tools
Ada beberapa tools yang bisa kamu pakai untuk melakukan brand monitoring.
Yuk lihat dibawah ini!
1. BrandMentions
Yang pertama adalah BrandMentions yang dapat mengidentifikasi seberapa sering brand atau produk kamu disebut di Internet.
Nah, bukan hanya mendeteksi, tools ini juga bisa membantu kamu untuk mengetahui apakah produk kamu diterima secara positif atau tidak dimata konsumen.
Selain itu, tools satu ini juga dilengkapi dengan analisis kompetitor, lho, jadi kamu bisa tahu tanggapan audiens tentang produk kompetitor.
2. PeakMetrics
Yang selanjutnya adalah PeakMetrics. Tools ini termasuk yang paling lengkap karena dapat memantau brand kamu di berbagai platform.
Seperti media sosial, portal berita, siaran TV, podcast, bahkan sampai siaran radio, lho.
Nah, selain itu PeakMetrics juga dapat menganalisis dan membuat laporan brand mention secara otomatis juga, nih.
Laporan tersebut bisa berupa sentimen masyarakat, karakteristik user yang menyebutkan brand kamu dan juga demografi mereka.
3. Mentionlytics
Nah, khusus untuk Mentionlytics, tools ini berfokus untuk membantu kamu melakukan brand monitoring di platform media sosial.
Kamu juga bisa memantau kompetitor dan juga target market yang sesuai dengan produk kamu dengan adanya fitur analisis.
Selain itu, Mentionlytics juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis kamu juga, nih.
Dengan mengidentifikasi influencer atau situs web mana yang baik untuk berkampanye.
4. Google Alerts
Nah, kalau kamu lagi cari brand monitoring tools yang gratis, kamu bisa pakai Google Alerts.
Salah satu kelebihan dari Google Alerts adalah fiturnya yang sederhana, jadi lebih mudah untuk digunakan.
Kamu hanya perlu memasukkan keyword yang terkait dengan brand atau campaign yang sedang kamu jalannya.
Setelah itu, kamu tinggal tunggu deh kalau-kalau ada berita atau artikel yang terkait dengan keyword yang sudah kamu isi tersebut.
5. Brand24
Sama seperti PeakMetrics, Brand24 juga dapat menjangkau platform yang luas seperti media sosial, forum, blog sampai portal berita.
Kamu juga dapat mengetahui berapa banyak brand atau produk kamu disebut di dalam platform-platform diatas dan juga jenis interaksinya.
Nah, dari situ kamu bisa tahu tanggapan-tanggapan dari masyarakat tentang produk atau brand kamu.
6. Hootsuite
Kalau kamu aktif secara profesional di media sosial pasti kenal sama tools satu ini.
Ya, Hootsuite memang lebih dikenal sebagai social media tools, namun kamu juga dapat menggunakannya untuk memantau brand kamu, nih, terutama brand positioning.
7. Brandwatch
Brandwatch terkenal karena dapat menarik data hingga dari lebih dari 100 sumber.
Nah, gak hanya mengetahui pendapat masyarakat, nih. Kamu juga bisa lho untuk memberikan reaksi terhadap tanggapan mereka.
Dengan bantuan AI, kamu juga dapat mengenal karakter konsumen secara lebih dalam.
Nah, itu dia penjelasan tentang brand monitoring serta tools yang dapat membantu kamu untuk melakukan pemantauan merek kamu!
Selain itu, kamu juga bisa menggunakan branding consultant ataupun branding agency untuk bantu melakukan brand monitoring.
Jadi, kalau kamu lagi cari semua untuk membantu kamu melakukan brand monitoring, kamu langsung aja ke Build Momentum!
Selain brand monitoring, kita juga bisa melakukan segala macam proses branding kamu dengan jasa branding yang kita miliki.
Oh iya, kalau kamu juga baru masih mau membangun brand identity merek kamu, kamu juga bisa banget nih untuk menggunakan jasa brand identity dari Build Momentum.
Cek DISINI untuk hubungi kita, ya!