Brand Management Adalah: Penjelasan Lengkap Tentang Brand Management!
Brand management adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan untuk kemajuan dari bisnis kamu, jadi apa itu brand management? Simak penjelasannya dari MinMom!
Proses branding adalah proses yang penting untuk bisnis karena dari proses ini, kamu akan mendapatkan identitas dari brand kamu yang membedakan bisnis kamu dengan kompetitor.
Selain itu, proses branding yang baik juga akan meningkatkan loyalitas dan juga hubungan emosional antara pelanggan dan juga bisnis kamu.
Nah, salah satu aspek dari branding itu sendiri adalah brand management.
Jadi, apa itu brand management? Simak penjelasannya hanya di Build Momentum!
Table of Contents
ToggleBrand Management Adalah
Brand management adalah serangkaian strategi, keputusan dan juga tindakan yang dilakukan suatu bisnis atau perusahaan untuk memelihara, mengelola dan mengembangkan citra dari brandnya.
Nah, tujuan dari brand management ini adalah untuk membangun brand awareness yang kuat yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas dari audiens terhadap brand kamu.
Baca Juga: “Brand Image Adalah: Penjelasan Mendalam Tentang Brand Image“
Manfaat Brand Management Untuk Bisnis
1. Meningkatkan Brand Equity
Manfaat brand management yang pertama adalah untuk meningkatkan brand equity dari bisnis kamu.
Nah, brand equity sendiri adalah nila-nilai komersial yang terkait dengan merk kamu, ini termasuk dengan persepsi audiens tentang brand kamu.
Dengan brand management yang baik, ekuitas dari merek kamu bisa meningkat yang akhirnya dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen sehingga kamu pun bisa menetapkan harga yang premium untuk produk kamu.
2. Meningkatkan Konsistensi dalam Prose Branding
Selain itu, brand management juga dapat memudahkan kamu untuk tetap konsisten dalam upaya branding kamu, lho!
Hal ini dapat tercapai dengan menentukan brand guideline yang bisa kamu komunikasikan dengan seluruh tim kamu agar semua platform marketing di bisnis kamu.
Nah, dengan brand guideline sudah terbentuk, kamu bisa lebih membangun koneksi antara brand kamu dan juga audiens.
3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Manfaat selanjutnya dari brand management adalah meningkatnya loyalitas pelanggan terhadap brand kamu.
Kaya yang udah MinMom jelasin diatas, brand management juga dapat membangun brand experience yang konsisten yang pada akhirnya dapat meningkatkan hubungan emosional brand kamu dengan audiens, nih!
Nah, hal ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand kamu, lho!
4. Manajemen Krisis dan Risiko
Dengan brand management yang baik, kamu bisa dengan mudah meminimalisir dampak buruk yang mungkin terjadi jika terjadi krisis atau masalah yang dapat merusak brand image dari bisnis kamu.
5. Pengukuran Kinerja Brand Serta Perluasan Pasar
Dengan brand management yang efektif, kamu bisa mengetahui sejauh mana efektivitas dari proses branding yang sudah kamu lakukan di bisnis kamu.
Seperti bagaimana brand awareness, pertumbuhan penjualan dan juga tingkat kepuasan dari pelanggan kamu selama jangka waktu yang ditentukan.
Nah, selain itu, melalui brand management yang efektif kamu juga bisa memperluas jangkauan pasar kamu.
Baca Juga: “Corporate Branding Adalah: Penjelasan dan Tahapan Corporate Branding“
Strategi dalam Membangun Brand Management yang Baik
Nah, kalo kamu udah tahu manfaat brand management untuk bisnis kamu, sekarang MinMom akan kasih tahu kamu strategi dalam membangun brand management!
1. Bangun Brand Identity dari Brand Kamu
Buatlah brand identity yang menjadi pembeda antara brand kamu dengan brand kompetitor.
Jangan lupa untuk tunjukan juga value dan juga visi dan misi yang ingin kamu gambarkan melalui brand identity kamu.
2. Tentukan Target Pasar Kamu
Lakukanlah riset untuk mengidentifikasi dan juga menentukan segmentasi dari target pasar kamu.
Hal ini penting agar brand management yang nantinya kamu buat dapat mengakomodir setiap segmen pasar secara relevan.
3. Konsisten
Proses branding adalah proses yang panjang dan juga membutuhkan konsistensi yang tinggi dalam pengaplikasiannya.
Pastikan bahwa seluruh pesan, identitas dan juga brand experience kamu tetap konsisten dan tidak berubah-ubah di setiap platform marketing, ini termasuk online dan juga offline.
4. Bangun Hubungan Emosional dengan Pelanggan
Tujuan utama dari brand management adalah untuk membangun hubungan dengan audiens dari bisnis yang kamu jalankan.
Komunikasikan nilai dan pesan dari brand kamu kepada pelanggan dengan menggunakan marketing campaign, inbound marketing dan lain sebagainya.
Nah, kamu juga harus bisa memahami problem, kebutuhan dan juga feedback dari konsumen kamu, agar tercapai hubungan emosional yang baik antara bisnis kamu dengan pelanggan.
5. Evaluasi Strategi Branding Kamu
Setelah hal itu kamu lakukan, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengevaluasi seluruh strategi dari branding kamu.
Supaya kamu bisa menentukan perubahan-perubahan yang akan membuat proses branding kamu berjalan lebih efektif.
Hal ini termasuk dengan terus melakukan inovasi, merespon terhadap feedback kaya yang udah MinMom jelasin di atas dan juga terus belajar dan berkembang.
Nah itu serba-serbi seputar brand management yang harus kamu tahu!