Brand Image Adalah: Penjelasan Mendalam Tentang Brand Image
Brand image adalah salah satu hal yang penting banget untuk kamu bangun supaya merek kamu bisa makin di percaya sama konsumen!
Ya! Brand image atau citra dari merek kamu itu penting banget, supaya merek kamu gak cuma sekedar di kenal oleh konsumen kamu, tapi juga punya reputasi yang baik.
Jadi, Kalo kamu belum pernah denger istilah ini dan mau tau apa sih arti dari brand image itu sendiri, yuk kita ulas bersama!
Table of Contents
ToggleBrand Image Adalah
Brand image atau yang di kenal juga dengan citra merek adalah persepsi atau penilaian audiens terhadap perusahaan dan juga produk-produknya.
Nah, citra dari merek kamu gak akan tiba-tiba hadir, dong. Kamu harus membangunnya dalam jangka waktu tertentu.
Caranya dengan melakukan interaksi antara brand kamu dan juga konsumen.
Jadi, bisa disimpulkan kalo brand image adalah persepsi konsumen atas merek kamu dan juga produknya yang muncul karena adanya interaksi antara brand kamu dan juga para audiens itu sendiri.
Brand image sering juga di salah artikan dengan brand identity. Bedanya brand identity mengacu pada cara brand kamu merepresentasikan diri kepada audiens.
Sementara, kalau brand image adalah persepsi yang kamu dapatkan dari audiens setelah kamu membangun brand identity untuk merek kamu.
Nah, brand image gak melulu cuma soal logo, iklan dan berbagai elemen-elemen branding lainnya nih.
Ada beberapa elemen-elemen lain yang juga berpengaruh dalam brand image, seperti kebersihan toko offline kamu, pelayanan ke konsumen dan juga desain dari produk-produk digitalmu.
Indikator Brand Image
Ada beberapa indikator yang bisa kamu gunakan untuk melihat bagaimana brand image kamu di mata konsumen.
Yuk, kita ulas bareng-bareng!
1. Reputasi
Yang pertama ada reputasi, kamu bisa melihat citra dari merek kamu dengan melihat reputasi merek kamu di mata konsumen.
Cara yang paling gampang untuk mengukur reputasi dari brand kamu sih dengan cara kamu riset opini publik tentang merek kamu.
Kamu bisa melakukan survey di sosial media untuk mengetahui gimana pendapat konsumen tentang produk dan brand kamu.
Cara lainnya kamu bisa analisa pemberitaan tentang brand kamu, entah itu dari sosial media ataupun dari platform yang lain.
2. Rekognisi
Gak mungkin dong brand yang memiliki brand image yang baik susah buat di kenali oleh publik.
Jadi, salah satu indikator yang bisa kamu gunakan untuk mengukur brand image kamu adalah seberapa mudah brand kamu di kenali oleh audiens kamu.
Kamu bisa gunakan brand identity yang kuat untuk bisa di kenal banyak oleh audiens kamu.
Nah, di buildmomentum, kamu bisa mendapatkan konsultasi untuk bisa membangun brand identity yang kuat yang bisa membantu kamu gak hanya di kenal oleh konsumen tapi juga untuk mendapat citra yang baik dari mereka.
Baca Juga: “Brand Identity Adalah: Penjelasan Lengkap Tentang Brand Identity“
3. Kualitas
Indikator yang selanjutnya adalah kualitas dari produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.
Meskipun brand kamu udah punya strategi branding yang baik dan brand identity yang kuat dan juga unik, semua akan percuma kalau kualitas jasa atau produk yang kamu tawarkan gak berbanding lurus.
Nah, dengan produk dan juga jasa yang di eksekusi dengan baik, otomatis penilaian konsumen atas brand kamu pun juga akan menjadi baik.
4. Kultur
Kamu juga harus membangun kultur perusahaan yang baik untuk brand kamu supaya kamu bisa memberikan kesan yang baik juga dimata konsumen-konsumen kamu.
Kultur yang MinMom maksud disini adalah norma, nilai dan juga kebiasaan-kebiasaan karyawan kamu.
Caranya banyak, kamu bisa melakukan kegiatan sosial untuk masyarakat sekitar atau share hal-hal positif yang dilakukan di kantor kamu di platform media sosial brand kamu.
Nah, dengan begitu kamu bisa membangun penilaian yang baik untuk merek kamu.
5. Pengalaman Pelanggan
Nah, ini yang menurut MinMom salah satu indikator yang paling penting untuk kamu terapkan supaya brand kamu punya citra yang baik dimata pelanggan.
Siapa sih yang gak sebel dengan customer service yang gak ramah?
Meskipun kualitas produk kamu udah top, brand identity kamu juga udah keren, tapi kalau kamu gak memperhatikan kualitas pelayanan kamu ke konsumen, di jamin citra brand kamu pun pasti akan jelek.
Kenapa Brand Image Itu Penting Untuk Bisnis Kamu
Nah, setelah kamu udah tahu arti dari brand image dan juga indikator dari brand image itu sendiri.
Sekarang, yuk kita bahas kenapa citra merek yang baik itu penting buat bisnis kamu!
1. Memberikan Kesan Pertama Yang Baik
Brand image yang baik akan memberikan kesan pertama yang baik pula untuk konsumen kamu.
Dengan melihat brand identity yang kuat dan juga menarik, dan juga citra merek yang di baik di mata konsumen, merek kamu akan kelihatan lebih profesional.
Nah, ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen kamu terhadap produk ataupun jasa yang kamu tawarkan, nih!
2. Meningkatkan Rekognisi Merek
Kalo kamu lihat buah apel yang di gigit, kamu pasti akan langsung bisa menebak kalo itu adalah brand dari Apple, kan?
Nah. dengan brand image yang baik, kamu akan lebih mudah di kenali oleh audiens kamu.
Hasilnya, kamu akan lebih mudah mendapatkan konsumen baru.
3. Meningkatkan Kredibilitas Brand Kamu
Dengan membangun brand image yang baik, konsumen kamu akan lebih mudah memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan di banding dengan kompetitor kamu.
Coba bayangin kalo kamu seorang konsumen yang datang ke dua toko baju.
Toko dari brand pertama punya layout toko yang berantakan, belum lagi kotor dan di tambah dengan pelayanan staff-nya yang kurang maksimal.
Sedangkan, meskipun punya harga yang lebih mahal dari toko pertama, toko kedua punya layout toko yang lebih rapih dan juga bersih.
Ditambah lagi pelayanan dari staff yang ramah dan juga maksimal, kamu pasti akan lebih memilih toko kedua meskipun dengan harga yang lebih mahal.
Nah, dengan memiliki brand image yang baik, kamu bisa bikin brand kamu kaya gitu juga, lho!
4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Kamu bisa meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap merek kamu dengan memaksimalkan brand image dari merek kamu, lho!
Dengan meningkatkan mutu dari produk kamu, menjaga pelayanan terhadap konsumen kamu sampai interaksi yang selalu terjaga baik dengan audiens, di jamin loyalitas mereka akan meningkat dan akan terus membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan!
Nah, itu dia serba-serbi dari brand image yang kamu harus tau sebagai pelaku bisnis!
Brand image adalah hal yang penting banget kamu bangun, tapi mungkin kamu bingung nih mulai dari mana.
Nah, MinMom saranin kamu isi deh email kamu di box di bawah yang udah tersedia, dengan join dengan newsletter dari Build Momentum, kamu bakal dapetin banyak insight menarik buat brand kamu!
Newsletter Form
"*" indicates required fields