Brand Identity Adalah: Penjelasan Lengkap Tentang Brand Identity
Brand identity adalah sebuah aspek penting yang dapat membantu untuk membentuk persepsi orang terhadap bisnis kamu.
Setiap pebisnis pasti mau untuk bisnis atau brand nya mudah untuk di kenal oleh orang lain.
Kamu juga pasti mau kalau value yang bisnis kamu miliki tersampaikan kepada khalayak ramai.
Nah, dengan menguasi setiap elemen di dalam brand identity, selain bisnis kamu akan lebih terlihat profesional, kamu juga akan lebih mudah stand out di banding dengan brand dari bisnis lainnya.
Yuk, gak pakai lama lagi, langsung aja kita ulas serba-serbi dari brand identity dan juga manfaatnya buat perusahaan kamu!
Table of Contents
ToggleApa Itu Brand Identity?
Brand identity adalah kumpulan dari elemen-elemen visual ataupun verbal yang menggambarkan atau merepresentasikan bisnis kamu. Bisa di bilang, brand identity adalah wajah dari bisnis kamu yang mau kamu tampilkan ke konsumen.
Nah, elemen-elemen yang di maksud di atas termasuk seperti logo, warna, slogan, tipografi ataupun pesan dari brand kamu.
Keberadaan brand identity adalah hal yang sangat krusial yang akan membantu kamu membangun trust dari konsumen, lho.
Selain itu, brand identity juga berfungsi untuk membangun citra dan identitas brand yang akhirnya menjadi pembeda brand kamu dengan yang lain .
Dengan brand identity yang kuat, kamu akan lebih mudah untuk “menggiring” persepsi konsumen terhadap brand kamu.
Nah, kalau hal itu sudah tercapai kamu juga akan lebih mudah untuk membangun ikatan emosional brand kamu dengan konsumen.
Manfaat Brand Identity Untuk Bisnis Kamu
Kaya yang sudah kita jelasin di atas, brand identity yang kuat akan berdampak signifikan pada keberhasilan bisnis kamu.
Yuk, kita ulas lebih lanjut lagi tentang manfaat dari brand identity ini!
1. Menaikkan Profit
Ini adalah hal yang paling penting dan juga paling utama dari memiliki brand identity yang kuat.
Alasan utama kamu membangun bisnis adalah untuk mendapatkan profit, bukan?
Dengan citra yang positif, bisnis kamu akan lebih mudah untuk di percaya oleh konsumen dan akhirnya akan menunjang kenaikan profit dari bisnis kamu.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Dengan identitas brand yang menarik dan juga konsisten, konsumen akan lebih mudah menyadari keberadaan brand kamu.
Tanpa harus kamu menyebut nama brand kamu, dengan brand identity yang kuat, pasti mereka bakal lebih mudah untuk mengenali produk apa yang kamu tawarkan dan juga kualitas yang kamu bawa.
Oh iya, identitas brand kamu juga sangat berpengaruh lho untuk meningkatkan persepsi brand kamu di mata konsumen.
3. Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan dan Menarik Pelanggan Baru
Dengan brand identity yang konsisten, loyalitas konsumen dengan bisnis kamu juga pasti akan bertambah,
Soalnya nih, mereka pasti sudah sadar dan juga percaya kalau produk ataupun jasa yang kamu tawarkan pasti sudah terjamin kualitasnya.
Selain itu, dengan identitas yang kuat, kamu juga bisa menarik pelanggan baru yang sebelumnya mungkin belum tau tentang bisnis kamu.
Cara Membangun Brand Identity
Nah, sekarang kamu sudah tau pengertian dan juga benefit dari brand identity kan?
Kita punya beberapa tips dan trik untuk cara membangun brand identity yang keren, nih! Yuk langsung aja kita ulas bareng-bareng!
1. Riset Pasar
Langkah pertama untuk membangun identitas bisnis yang kuat adalah dengan melakukan riset pasar yang menyeluruh.
Kamu harus pahami dulu siapa target pasar kamu, kebutuhan apa yang mereka mau dan bagaimana konsumen kamu berinterasi dengan brand kompetitor?
Hal ini penting banget, nih. Soalnya, dengan melakukan riset pasar yang menyeluruh, kamu dapat menentukan keputusan yang tepat untuk menentukan elemen-elemen dari brand identity kamu nantinya.
2. Tentukan Visi dan Misi Bisnis Kamu
Setiap bisnis pasti punya nilai-nilai atau tujuan bisnis yang mau mereka berikan ke konsumen mereka.
Tentukan visi-misi dan juga nilai-nilai dari bisnis kamu secara detail dan terperinci, dan jangan lupa juga untuk mencerminkan itu semua di identitas brand kamu nantinya!
3. Buat Desain yang Menarik
Kamu pasti pernah lihat logo dengan gambar apel yang udah di gigit kan? Atau logo dengan huruf “M” besar berwarna kuning? Atau mungkin logo tanda ceklis di sepatu olahraga favorit kamu?
Ya, tanpa adanya tulisan, kamu pasti langsung akan ngenalin nama brand si pemilik logo-logo tersebut.
Dengan menggunakan logo yang eye catching dan juga mudah di ingat, identitas brand kamu pasti akan lebih mudah buat di kenalin.
Oh iya, jangan lupa untuk tetap mencerminkan visi-misi dan juga produk kamu di logo-logo tersebut ya!
Selain logo, warna dan tipografi juga gak kalah pentingnya untuk membangun sebuah brand identity.
Pastikan desain yang kamu pilih nantinya itu sesuai dengan merek dan lingkup bisnis kamu.
Setelah itu, jangan lupa juga menerapkan ke dua aspek desain tersebut secara konsisten di semua platform kampanye bisnis kamu,
Nah, itu dia penjelasan tentang brand identity yang sudah kita ulas khusus untuk kamu.
Kalau kamu bingung atau ragu untuk nyoba membangun brand identity yang kuat untuk bisnis kamu, kita ada disini buat kamu!
So, let’s fill the box below and let’s talk about your business!
Newsletter Form
"*" indicates required fields