Belajar Branding Dari Airbnb!
Kamu pasti tahu Airbnb dong?
Airbnb merupakan layanan online yang menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di seluruh penjuru dunia.
Selain konsep penyewaan properti yang unik, Airbnb juga punya beberapa strategi branding yang menarik loh untuk memperkuat brandingnya!
Yuk kita belajar dari Airbnb!
1. Fotografi dan desain dibuat eye-catching
Airbnb meluncurkan program Airbnb Photography demi membantu host memiliki foto properti yang menarik. Fotografi dan desain berperan penting dalam proses branding. Dengan memperbaiki aspek fotografi dan desain mereka, jumlah pemesanan kamar meningkat drastis Iho!
2. Tunjukkan brand community yang kuat
Airbnb sering menampilkan cerita host dan guest di setiap media digital seperti membuat video wawancara di YouTube, merancang short story di Instagram.
Misalnya, Airbnb sering mengundang para guest untuk memberikan testimoni dengan hashtag #Airbnb di Instagram. Dengan interaksi positif host & guest menunjukan Airbnb memiliki brand community yang kuat.
3. Lakukan sesuatu yang unexpected
Airbnb sering melakukan campaign unik yang unexpected, contohnya mengundang guest yang beruntung untuk tinggal di Lego House di Denmark, sangat menarik bukan? campaign tersebut berhasil membuat Airbnb banyak diliput oleh media yang tentunya sangat baik untuk brandingnya.
4. Bangun Kepercayaan terhadap brand
Untuk membangun kepercayaan terhadap pelanggannya, Airbnb membuatkan guideline cara untuk menginap, mengirim email dengan desain yang menarik, dan memberikan garansi untuk pelayanan terbaik di setiap jasanya. Hal-hal yang memudahkan pelanggan itu bisa kalian adaptasi untuk membangun kepercayaan brand pada bisnis kalian Iho!
Jadi, strategi mana nih yang paling menarik?