Apa Itu Content Marketing dan Apa Manfaatnya?
Apa itu content marketing dan apa sih manfaatnya buat bisnis kamu? Yuk, langsung aja kita ulas bersama disini!
Kamu pasti sering denger istilah content marketing, dalam dunia digital marketing, content marketing memang jadi senjata yang cukup ampuh untuk menarik calon konsumen kamu.
Konten yang menarik, berkualitas dan juga relevan bisa jadi senjata rahasia kamu untuk membangun brand kamu, menarik perhatian calon konsumen dan juga melihat perkembangan perilaku calon konsumen kamu.
Nah, gak pakai lama lagi, langsung aja kita ulas bersama tentang content marketing dan juga manfaatnya!
Table of Contents
ToggleApa Itu Content Marketing?
Simpelnya, content marketing adalah sebuah strategi pemasaran dengan memanfaatkan pembuatan konten secara online yang berkualitas dan juga konsisten dengan tujuan untuk menarik perhatian para audiens yang ingin di tuju.
Nah, konten dalam content marketing bisa berupa gambar, video, audio ataupun blog. Dan setiap konten yang di buat pun harus konten yang relevan dan juga menarik.
Hal ini karena tujuan akhir dari content marketing adalah untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan dan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen.
Konten yang baik bukan hanya membantu dalam membangun hubungan brand kamu dengan konsumen kamu, lho, tetapi juga bisa untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand kamu.
Jenis-jenis Content Marketing
Kaya yang sudah kita jelasin di atas, content marketing bisa berupa gambar, video, audio ataupun blog.
Yuk, kita ulas bareng-bareng tentang jenis-jenis content marketing!
1. Blog
Blog adalah sebuah tulisan yang ada di website suatu brand. Blog juga dapat termasuk dalam content marketing, karena keberadaannya bisa membantu audiens menemukan atau mendapatkan infromasi tentang brand kamu.
Selain itu, blog yang relevan, menarik dan juga informatif dapat membantu brand kamu untuk mendapatkan trust dari audiens kamu juga, nih!
2. Podcast
Yang selanjutnya ada podcast, podcast adalah suatu bentuk content marketing yang berupa suara. Kamu bisa membantu audiens kamu dengan memberikan informasi yang relevan dengan produk kamu, terlebih lagi kalau kamu membawa narasumber yang kredibel.
Dengan begitu, brand kamu pun akan mendapatkan exposure yang lebih dan juga akan membantu brand kamu mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
3. Infografis
Berasal dari gabungan dua kata yaitu “informasi” dan “grafis”, infografis kurang lebih berarti visualisasi dari data, ide, atau gagasan kompleks yang di rangkum dalam sebuah gambar untuk memudahkan audiens untuk memahami isinya.
Kamu bisa membagi infografis di beberapa platform seperti blog ataupun media sosial yang nantinya bisa berpotensi untuk mendapatkan banyak traffic.
4. Video
Video adalah salah satu content marketing yang paling efisien. Selain adanya audio untuk menyampaikan isi dari konten kamu, visualisasi yang terdapat di video juga dapat lebih memudahkan kamu untuk menyampaikan pesan kamu ke para audiens kamu.
Kenapa Content Marketing itu Penting?
1. Meningkatkan Brand Awareness
Dengan menerapkan content marketing yang baik di berbagai platform kamu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand kamu.
Tapi perlu di ingat, konten yang kamu buat haruslah yang berkualitas, dan juga relevan dengan konsumen ataupun calon konsumen kamu.
2. Pertimbangan Konsumen
Kalau kamu sudah mempunyai brand awareness yang baik, kamu bisa memanfaatkan content marketing untuk membantu konsumen ataupun calon konsumen kamu untuk mempertimbangkan pilihannya.
Maksudnya adalah, konsumen biasanya mempertimbangkan pilihannya dengan membandingkan produk kamu dengan produk yang serupa dari kompetitor bisnis kamu.
Nah, dengan content marketing yang baik, kamu bisa memberikan trust yang akhirnya bisa membantu konsumen kamu untuk menentukan pilihan mereka ke produk atau jasa yang kamu tawarkan.
3. Pembelian
Yang terakhir dan yang pasti menjadi alasan utama menggunakan content marketing adalah untuk membantu konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Pernah denger istilah “Content is King”? Dengan content marketing yang relevan dan juga menarik, kamu bahkan bisa “menghipnotis” calon konsumen kamu untuk langsung melakukan pembelian, tanpa harus melewati tahapan konsiderasi terlebih dahulu, keren kan?
Cara Membuat Content Marketing Yang Berkualitas
Kalau kamu mau membuat content marketing yang berkualitas, kamu harus perhatikan 7 aspek ini!
- Relevance: Konten yang baik tentu adalah konten yang relevan dengan produk atau lingkup bisnis yang kamu jalankan.
- Informative: Selain relevan, kamu juga harus bisa memberikan konten-konten informatif, ini bertujuan supaya bisnis kamu mendapatkan traffic dari audiens.
- Reliability: Pastikan kamu menyortir dan fact check informasi dari konten-konten kamu ya! Dengan konten yang gak cuma informatif tapi juga reliable, di jamin deh bisnis kamu akan mendapatkan kepercayaan 100% dari audiens!
- Value: Kamu harus bisa membuat konten yang menjawab kenapa produk dari bisnis kamu bisa memenuhi kebutuhan dari audiens.
- Uniqueness: Kamu harus bisa memberikan keunikan dari konten kamu, supaya konten kamu bisa stand out di banding dengan kompetitor-kompetitor kamu.
- Emotions: Berikan aspek emosional ke konten kamu, dengan kamu memberikan aspek emosional (positif ataupun negatif), konten kamu akan lebih stand out di banding dengan konten yang netral.
- Intelligence: Content marketing berhubungan erat dengan internet dan digitalisasi, yang mana kamu harus bisa menyeimbangkan antara algoritma dimana konten kamu di buat namun tetap mempertahankan aspek “manusiawi” dari konten kamu.
Nah, sekarang kamu tau kan apa itu content marketing? Kamu juga udah tau juga manfaat dan aspek aspek apa aja yang harus kamu perhatikan untuk menjalankan content marketing yang efisien.
Tapi, kalau kamu masih bingung atau kamu ngerasa kalau bisnis kamu butuh content marketer untuk ningkatin brand awareness kamu, langsung aja isi kotak di bawah ini ya! Kita siap untuk membantu kamu!
Newsletter Form
"*" indicates required fields