Apa Itu Brand Strategy? Yuk! Kita Ulas Secara Lengkap!
Apa itu brand strategy? Kalo kamu sedang membangun sebuah bisnis, brand strategy adalah salah satu hal yang harus banget kamu perhatikan, lho!
Membangun dan menjalankan bisnis memang gak semudah yang orang pikirkan.
Banyak banget aspek-aspek yang harus di perhatikan dalam membangun sebuah bisnis, salah satunya ya brand strategy yang memegang peran penting buat aktivitas bisnis kamu.
Jadi, kalau kamu belum tau apa itu brand strategy, langsung aja kita ulas bareng-bareng disini!
Table of Contents
ToggleApa Itu Brand Strategy
Brand strategy atau strategi branding adalah sebuah rencana menyeluruh tentang bagaimana brand atau bisnis kamu bisa di kenal dan disukai oleh konsumen, entah itu yang sudah ada ataupun yang potensial.
Bisa di bilang, strategi ini adalah fondasi yang menopang bagaimana brand kamu akan di present ke audiens.
Nah, ada beberapa elemen dari strategi branding yang biasa di aplikasikan.
Seperti story telling, identitas brand, tone dan juga vibe yang akan kamu tampilkan ke audiens.
Biasanya sih, brand strategy lebih banyak menjelaskan tentang hal-hal non fisik dan manfaat dari sebuah brand.
Yang akan membantu kamu untuk membua brand image dan meng-highlight unique selling point dari brand kamu.
Jadi kesimpulannya, strategi yang kamu buat itu penting banget untuk menarik hati konsumen dan membuat konsumen sadar akan kerennya produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Suatu brand strategy yang well-executed akan memberikan keuntungan buat brand kamu, seperti:
- Meningkatkan loyalitas konsumen
- Menjadi pembeda brand kamu dengan kompetitor
- Membangun brand awareness
- Menarik konsumen
- Memberikan pedoman untuk hiring dan training
- Memicu word-of-mouth marketing
- Membangun brand equity
Elemen Dalam Membangun Branding Strategy
Nah, sekarang kamu udah tahu kan apa itu brand strategy dan apa manfaatnya buat bisnis kamu?
Eitss, tapi Sebelum membangun branding strategy yang ciamik, kamu harus perhatikan dulu nih 5 unsur ini!
1. Tujuan Brand
Setiap kamu mau membangun bisnis atau brand, kamu pastinya harus punya tujuan.
Nah, dengan memahami calon konsumen, misi dan juga value yang brand kamu pegang, kamu bisa menentukan sendiri tujuan dari adanya brand kamu.
Selain jadi motivasi kamu untuk membangun bisnis, tujuan brand ini juga bisa menjadi hal yang membedakan kamu dengan kompetitor, lho!
2. Analisa Pasar dan Target Audiens
Setelah kamu mempunyai tujuan, kamu tentunya harus menentukan target pasar dan juga audiens kamu.
Dengan menganalisa pasar, kamu akan lebih mudah menemukan celah yang bisa kamu manfaatkan untuk brand kamu.
3. Konsistensi
Strategi branding dengan konsistensi yang kuat akan menjadi panduan untuk brand kamu.
Nah, panduan ini juga akan memastikan semua elemen visual, dan bahasa yang konsisten di semua platform bisnis kamu.
Nah, selain itu, kamu juga harus berfokus pada topik-topik yang relevan dengan brand kamu.
Dengan ini, brand recognition kamu akan turut meningkat, yang mana turut meningkatkan brand loyalty.
4. Fleksibilitas
Tapi, kamu juga jangan berfokus pada hal yang sama terus menerus.
Pernah denger istilah “the only constant is change”? Hal ini juga berlaku untuk membangun sebuah brand.
Fleksibilitas juga penting supaya brand kamu tetap relevan dan juga kompetitif meskipun dengan adanya perubahan.
Jadi, jangan sampai brand kamu gak berkembang dan gak mampu untuk beradaptasi, sedangkan tren dan juga demand dari pasar terus berubah, ya!
5 Langkah Membangun Brand Strategy yang Efektif
Setelah tau elemen-elemen untuk membangun strategi branding, kamu harus tau juga nih kalau ada beberapa langkah untuk membangun strategi branding branding.
Yuk kita cek 5 langkah untuk membangun brand strategy yang ciamik!
1. Buat Brand Story Yang Menarik
Brand story adalah cerita yang kamu buat untuk menjelaskan kenapa bisnis kamu ini muncul.
Dengan brand story yang kuat dan juga menarik, kamu bisa mengomunikasikan value dan juga tujuan dari bisnis kamu ke audiens.
Nah, hal ini bisa menjadi koneksi yang krusial bagi bisnis kamu dan juga audiens, yang akhirnya akan membangun trust dan juga loyalty mereka ke brand kamu.
2. Tentukan Brand Voice
Brand voice adalah cara bisnis kamu berkomunikasi dengan audiensnya, yang mencakup gaya, nada, dan bahasa yang digunakan dalam berbagai platform marketing kamu.
Dengan menggunakan brand voice yang kuat, kamu bisa membangun hubungan dengan konsumen dan mewujudkan identitas merk yang mau kamu tuju ke para audiens.
Hasilnya? Bisnis kamu akan lebih mudah untuk di kenali dan akan lebih mudah unuk menarik perhatian serta membangun loyalitas pelanggan.
3. Buat Desain Identitas Brand
Desain dari brand kamu yang akan kamu present ke audiens juga gak kalah pentingnya, lho!
Dengan menentukan font, warna dan juga bentuk-bentuk unik yang bisa kamu aplikasikan ke dalam packaging dan juga platform marketing kamu, calon konsumen kamu bisa dengan mudah mengenali brand kamu.
4. Konsisten Dengan Brand Value
Apa yang paling penting bagi bisnis kamu? Kenapa bisnis kamu ada? Dan apa tujuan yang ingin kamu capai dengan bisnis yang kamu jalankan?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu kamu untuk menentukan nilai dari brand kamu.
Brand value yang kamu miliki juga akan membantu kamu membangun koneksi dengan calon konsumen yang mempunyai keyakinan yang sama dengan kamu.
Kamu bisa coba memulai membangun brand value dengan menjelaskan visi-misi dari bisnis kamu.
5. Tentukan Brand Vibe
Entah itu suasana yang seru dan menyenangkan, serius sampai yang playful dan penuh dengan lelucon, brand vibe berperan penting dalam membangun branding strategy.
Selain itu, brand vibe juga bisa menjadi identitas dari brand kamu, yang mana akan membuat brand kamu akan lebih mudah untuk di kenali.
Oh iya, usahakan untuk selalu konsisten dalam mengimplementasikan brand vibe kamu ke seluruh platform marketing kamu, ya!
Seperti website, sosial media ataupun packaging dari produk kamu.
Nah! Sekarang kamu udah tahu kan apa itu brand strategy?
Dengan mengimplementasikan seluruh aspek dari brand strategy yang udah kita jelasin di atas dan yang pasti tetap konsisten, di jamin deh brand kamu bakal melesat!
Tapi, kalau kamu bingung buat nentuin atau merancang brand strategy, kamu gak usah panik!
Ada buildmomentum yang siap sedia membantu kamu!
Jadi, yuk langsung isi box di bawah ini untuk dapat konsultasi dan juga info-info menarik buat brand kamu!
Newsletter Form
"*" indicates required fields