Apa Itu Brand Guideline dan Bagaimana Cara Membuatnya?
Apa itu brand guideline? Kalo kamu mau citra yang konsisten dan juga mudah diingat oleh audiens dari merek kamu, kamu harus banget membuat brand guideline yang baik!
Brand guideline atau brand style guide adalah elemen yang penting buat bisnis kamu, terutama untuk kamu yang lagi mau membentuk brand identity.
Kenapa? karena brand guideline bertindak sebagai pedoman untuk proses branding kamu dan dengan adanya pedoman yang jelas, proses branding bisa berjalan dengan konsisten.
Nah, kalo kamu penasaran tentang apa itu brand guideline dan juga manfaat dan cara membuat brand guideline, nih MinMom kasih ulasan jelasnya khusus buat kamu!
Table of Contents
ToggleApa Itu Brand Guideline?
Brand guideline adalah suatu standar dan aturan yang digunakan perusahaan untuk menjaga konsistensi brand mereka di berbagai platform marketing mereka.
Nah, platform atau saluran marketing yang dimaksud bisa berupa blog, media sosial dan juga tampilan dari logo dan iklan-iklan yang dibuat dan dijalankan oleh bisnis kamu.
Hal ini bertujuan supaya standard semua konten entah itu visual, verbal atau tulisan yang kamu buat itu konsisten dan gak terkesan ‘berantakan’ atau ‘campur aduk’.
Simpelnya, kalo kamu punya brand, nah brand guideline ini adalah aturan yang menjelaskan kaya gimana brand kamu mau ditampilkan ke audiens.
Contohnya, kalo brand kamu menentukan guideline untuk menggunakan warna-warna pastel sebagai warna utama dari setiap design, maka kamu wajib membuat konten di media sosial atau blog menggunakan warna pastel tersebut.
Brand guideline juga gak melulu soal visual dan desain, lho. Contohnya, kalo brand kamu memilih tone of voice yang kasual dan gak terlalu formal, kamu juga wajib menggunakan ini di semua konten kamu, seperti reels Instagram atau blog di website bisnis kamu.
Kebayang kan, kalo misalnya kamu ga punya brand guideline yang jelas, setiap konten kamu jadi ‘berantakan’ dan ‘gak jelas’ identitasnya.
Manfaat Brand Guideline
Kamu sekarang udah tau kan apa itu brand guideline? Tapi kayanya kurang afdol deh kalo kita gak ngebahas manfaatnya buat bisnis kamu.
Yuk, langsung kita ulas bareng-bareng manfaat dari brand guideline buat bisnis kamu!
1. Menetapkan Standar
Manfaat pertama dan yang paling utama menurut MinMom dari brand guideline adalah untuk menetapkan standar buat brand kamu.
Kaya yang udah MinMom jelasin sebelumnya, brand guideline berfungsi supaya setiap tim di bisnis kamu tahu dan bisa bikin konten yang sesuai dengan aturan yang sudah kamu tetapkan.
Jadi, setiap tim di bisnis kamu bisa membuat konten entah itu di Instagram, TikTok atau blog di website kamu secara ‘seragam’, ini juga termasuk dalam pembuatan iklan.
Ini jadi hal yang penting banget buat branding dari bisnis kamu, soalnya dengan brand guideline yang jelas, kamu bisa lebih menunjukan ciri khas dari brand kamu yang stand out dari kompetitor.
2. Meningkatkan Brand Recognition
Menyambung dari poin diatas, brand guideline yang konsisten bisa membuat merek kamu lebih gampang buat di kenalin sama audiens kamu.
Kamu bisa mulai dengan membuat logo yang eye-catching dan juga tagline yang unik supaya bisa lebih mudah diingat oleh konsumen kamu.
Nah, dengan adanya brand guideline yang jelas, kamu bisa menerapkan logo dan tagline dengan konsisten, audiens akan lebih mudah untuk ngenalin merek kamu cukup dari kedua aspek tersebut, asyik kan?
“Baca Juga: Apa Itu Guerilla Marketing?“
Cara Membuat Brand Guideline
1. Kumpulkan Ide dan Inspirasi
Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat brand guideline yang baik tentunya dengan mengumpulkan ide dan inspirasi buat brand kamu.
Kamu bisa coba riset pasar dan coba diskusikan dengan tim kamu soal logo, font dan storytelling dari brand kamu.
Selain itu, kamu juga bisa bandingkan semua aspek tersebut dengan apa yang kompetitor kamu miliki dan coba manipulasi celah dari apa yang kurang kompetitor kamu kamu.
2. Tentukan Komponen Penting dari Brand Guideline
Setelah kamu discuss dengan tim, kamu bisa langsung menentukan elemen-elemen penting yang ada di brand guideline.
Nah, ini dia elemen-elemen yang MinMom maksud yang bisa kamu gunakan untuk membuat brand guideline yang ciamik!
- Logo
- Palet Warna
- Tipografi
- Brand Voice
- Citra dan Ikonografi
Kalo kamu secara konsisten udah menggunakan semua elemen diatas, dijamin deh proses branding kamu bisa lebih mudah!
3. Komunikasikan Dengan Tim
Nah, setelah semua udah ditentukan, komunikasikan hasil diskusi kamu ke semua tim supaya tim kamu tahu dan bisa mengerti semua aspek dari brand guideline yang udah kamu buat.
Ini penting banget untuk meminimalisir adanya miskomunikasi. Pastikan juga brand guideline yang udah kamu buat mudah untuk di akses oleh semua orang yang bertanggung jawab untuk memasarkan produk kamu.
4. Buat Pedoman Untuk Setiap Produk
Setelah kamu diskusikan apa yang mau dimasukan ke dalam brand guideline, langkah selanjutnya adalah membuat pedoman untuk setiap produk yang brand kamu miliki.
Kalo kamu mau menempatkan produk kamu di platform digital, kamu bisa menentukan tata letak gambar atau tema dari website kamu.
Nah, beda cerita kalo kamu mau mengimplementasikan elemen-elemen tersebut secara offline, kamu harus menentukan desain packaging supaya branding yang kamu masukkan di produk tersebut bisa dilihat dengan baik oleh calon pembeli kamu.
5. Lakukan Evaluasi dan Pengembangan Untuk Brand Guideline
Setelah kamu lakukan semua langkah di atas secara konsisten, langkah selanjutnya pun gak kalah penting, nih!
Dengan melakukan evaluasi dan juga pengembangan secara berkala, brand guideline kamu akan terus relatable apalagi kalau industri yang kamu pilih termasuk yang berkembang dengan pesat.
Tapi ingat, pengembangan dan juga evaluasi yang kamu lakukan harus terus sejalan dengan visi, misi dan juga value dari brand kamu agar brand kamu gak kehilangan identitasnya.
Nah, itu dia serba-serbi tentang apa itu brand guideline!
Dengan brand guideline yang terstruktur dan terencana dengan baik, semua proses branding untuk bisnis kamu akan terasa lebih mudah!
Tapi, kalo kamu bingung soal brand guideline, kamu langsung aja ke Build Momentum!
Kita akan bantu kamu konsultasikan semua kebutuhan branding untuk bisnis kamu, dari mulai riset sampai implementasinya!
Kita bisa bikin proses branding kamu terasa jauh lebih mudah, dan dengan branding yang ciamik, yang pasti revenue bisnis kamu juga akan terus meningkat.
Langsung aja isi email kamu atau bisnis kamu di box di bawah ini ya!
Newsletter Form
"*" indicates required fields