Apa Itu Brand Activation? Apa Manfaat dan Jenis-jenisnya?
Apa itu brand activation? Buat kamu yang sedang membangun sebuah bisnis atau brand, brand activation adalah sebuah hal yang penting banget untuk kamu lakukan!
Mungkin kamu sering dengar istilah brand activation, entah itu dari media sosial, atau tau dari temen-temen kamu yang sering ngobrolin hal ini.
Simpelnya sih, brand activation adalah kegiatan promosi dari suatu brand yang dilakukan suatu brand untuk memperkenalkan produk atau brand itu sendiri.
Nah, meskipun begitu, kegiatan ini gak sesimpel itu, lho! Yuk langsung kita ulas bersama apa itu brand activation? Apa manfaatnya buat bisnis kamu? Dan apa sih bentuk-bentuk dari brand activation itu?
Table of Contents
ToggleBrand Activation Adalah
Seperti yang MinMom udah jelasin diatas, brand activation adalah salah satu strategi marketing dari suatu brand dengan memberikan pengalaman nyata dan unik kepada audiens ataupun calon audiensnya.
Kamu juga bisa melakukan brand activation ini dengan berbagai cara, bisa lewat campaign, event ataupun interaksi lain, lewat sosial media contohnya.
Nah, kegiatan ini juga dilakukan supaya kamu dapat menjangkau dan juga terhubung dengan konsumen-konsumen kamu.
Ini harus banget kamu lakukan supaya brand dan juga produk yang kamu tawarkan dapat dikenal dan dipahami oleh konsumen kamu dan interaksi antara brand kamu dan pelanggan ataupun calon pelanggan kamu pun bisa berjalan dengan baik.
Dengan brand activation, selain untuk ‘mengaktifkan’ produk dan juga brand kamu di pikiran setiap pelanggan, konsumen-konsumen kamu juga akan bertambah kepercayaan dan juga loyalitasnya ke brand kamu!
Manfaat Brand Activation
Kamu bisa mendapat banyak manfaat dengan melakukan kegiatan ini, dari mulai meningkatkan visibilitas brand kamu, sampai yang paling utama menaikan revenue brand kamu.
Gak usah pakai lama lagi deh, yuk kita ulas manfaat dari brand activation untuk bisnis kamu!
1. Meningkatkan Visibilitas Brand
Yang ini udah pasti! Dengan mengadakan kegiatan seperti event ataupun campaign, kamu bisa memperkenalkan brand dan juga produk kamu ke audiens yang lebih banyak.
Terlebih kalau brand dan produk yang kamu tawarkan masih tergolong baru, kamu bisa memanfaatkan momen dari brand activation ini untuk meningkatkan visibilitas dan merek kamu.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Yang selanjutnya adalah meningkatkan brand awareness. Dengan brand activation kamu bisa meningkatkan kesadaran audiens kamu terhadap merek dan produk yang kamu tawarkan.
Jadi, mereka bukan cuma mengenal dan tahu akan produk dan merek kamu, tapi juga kamu bisa secara lebih dalam memberikan impresi yang baik ke konsumen kamu.
Hal ini berguna banget terlebih untuk bisnis baru, supaya kamu juga dapat mengenalkan value dari merek kamu dan kenapa mereka harus memilih produk yang kamu tawarkan dibanding dengan kompetitor.
3. Membangun Kepercayaan dan Hubungan Dengan Konsumen
Manfaat dari melakukan brand activation yang lain adalah untuk membangun kepercayan dan juga hubungan yang baik dengan konsumen kamu.
Entah itu konsumen lama yang udah tahu akan produk kamu, ataupun konsumen baru yang baru tahu akan produk kamu, membangun hubungan dengan mereka itu penting banget!
Dengan hubungan yang baik dan tingkat kepercayaan mereka yang tinggi sama produk kamu, loyalitas mereka juga pasti akan terbentuk.
Ini akan berdampak sama perilaku dari konsumen kamu yang akan meningkat loyalitasnya terhadap merek kamu.
Caranya, kamu bisa meminta data dari pelanggan waktu kamu lagi mengikuti kegiatan brand activation ini.
Tapi ingat, kamu juga harus menggunakan komunikasi dua arah terhadap pelanggan kamu, dengan cara meminta feedback dari mereka tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan.
“Baca Juga: Apa Itu Brand Strategy? Yuk! Kita Ulas Secara Lengkap!“
Jenis-jenis Brand Activation
Untuk mencapai hasil yang kamu inginkan, kamu harus merancang campaign dari brand activation kamu berdasarkan tujuan yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
Meskipun termasuk strategi pemasaran yang membutuhkan budget yang lebih banyak (untuk brand activation fisik), dan juga riset dan perencanaan yang mendalam, brand activation termasuk strategi pemasaran yang cukup ampuh, lho!
Dan sama kaya strategi pemasaran yang lain, brand activation juga punya beberapa jenis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu!
Yuk, kita cek bareng-bareng!
1. Experiential Activation
Di kenal juga dengan engagement marketing, experiential activation adalah salah satu bentuk brand activation yang bisa dibilang paling sukses.
Salah satu contoh dari experiential activation adalah dengan kamu membuat event seperti pameran produk, coaching clinic, seminar ataupun konser.
Nah, di era digital saat ini, experiential activation juga bisa kamu lakukan dengan cara membuat challenge di TikTok yang menggunakan produk dari brand kamu.
2. Direct Marketing Activation
Yang selanjutnya ada direct marketing activation yang sesuai namanya bertujuan untuk meningkatkan koneksi emosional antara brand kamu dengan konsumen secara langsung.
Kamu bisa melakukan direct marketing activation dengan melakukan kegiatan sampling atau melakukan in-store activation, yaitu menggelar event secara offline langsung dari toko kamu.
3. Promotion Activation
Siapa sih yang gak suka dengan promo? Semua pasti suka, ini termasuk juga dengan pelanggan kamu, lho!
Dengan melakukan promosi berbentuk diskon khusus, giveaway, atau undian dengan hadiah yang menarik, kamu bisa menggaet banyak calon konsumen baru, nih!
Oh iya, promotion activation juga bisa kamu lakukan dengan melibatkan brand ambassador yang juga akan membantu kamu meningkatkan visibilitas brand kamu.
4. Sponsorship Activation
Kalau kamu suka ngonser atau liat acara olahraga, pasti kamu sering liat merek-merek dari banyak perusahaan besar.
Nah, ini juga salah satu bentuk dari brand activation, lho! Dengan menempatkan brand kamu sebagai sponsor dari suatu acara tertentu.
Pastinya dengan banyaknya jumlah audiens yang nonton dan berpartisipasi di acara tersebut akan bikin merek kamu lebih dikenal luas.
5. Social Media Activation
Yang ini pasti kamu udah tau, social media activation memang banyak jadi pilihan untuk brand activation.
Ini jelas, karena dengan menggunakan social media, kamu bisa menjangkau banyak orang terlepas dari wilayah tempat mereka tinggal.
6. Event Marketing Activation
Dan yang terakhir ada event marketing activation yang kurang lebih mirip sama experiential activation yang udah MinMom jelasin di atas.
Sesuai namanya, jenis brand activation ini bisa kamu lakukan dengan membuat event yang bisa diikuti oleh konsumen secara langsung.
Contohnya, kamu bisa buat brand activation dengan membuat pameran, kompetisi dan yang lain sebagainya.
“Baca Juga: Brand Identity Adalah: Penjelasan Lengkap Tentang Brand Identity“
Nah, sekarang kamu udah tau kan apa itu brand activation? Selain itu, kamu juga bisa tau nih manfaat dan juga jenis-jenis dari brand activation itu.
Tapi, kalau kamu masih bingung untuk merencanakan dan membuat brand activation, kamu langsung aja hubungin Build Momentum, jasa branding di Jakarta yang terbaik!
Kita bisa bantu kamu merencanakan brand activation untuk bisnis kamu! Selain itu, kita juga bisa membantu kamu secara menyeluruh untuk branding segala bisnis kamu!
Dengan jejeran klien-klien yang keren seperti Watson, Bank BTN, PLN, Telkom, dan yang lain sebagainya, kamu gak perlu ragu lagi deh sama Build Momentum!
Buruan, isi email kamu di bawah ini ya!
Newsletter Form
"*" indicates required fields